web banner - artikel PA Keluarga 2

Selama ini banyak orang yang berusaha menjaga agar fisik tetap sehat, tetapi kesehatan mental juga penting untuk dijaga. Kesehatan mental identik dengan kebahagiaan seperti pikiran yang bebas, namun hal tersebut tidak selalu harus datang dari peristiwa besar dalam hidup.

Melalui berbagai peristiwa yang dilihat serta dirasakan sebagai stimulus dapat membuat manusia merasakan suatu emosi dan menginterpretasikannya. Di momen spesial seperti Hari Raya Waisak yang dirayakan pada hari ini, ada kata mutiara yang sangat bagus sekali dari Buddha yaitu “Kesehatan dan pikiran yang terbebas adalah berkah terbesar”.

Nah, agar bisa tetap bisa menjaga kesehatan mental dengan pikiran yang terbebas dari suatu hal yang negatif, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja.

  1.  Jaga konsumsi makananan sesuai dengan pedoman gizi yang seimbang

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur sesuai dengan pedoman gizi yang seimbang. Lebih dari 90% serotonin dihasilkan dalam pencernaan di mana mikrobiota terbesar ada di dalam usus. Pencernaan mengandung berbagai macam variasi bakteri yang secara fisiologis dapat mendukung cara kerja tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat menjaga lingkungan pencernaan tetap sehat sehingga dapat menghasilkan hormon serotonin dengan baik.

  1.  Kembangkan hobi kamu

Buatlah target setiap waktunya. Ketika kamu dapat menyelesaikan salah satu tugas, tentunya akan timbul perasaan lega dan memberikan efek kebahagiaan tersendiri.Target yang dilakukan melalui hobi tidak akan membuatmu merasa terbebani karena dikerjakan dengan secara fun. Jadi, selain kamu bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa merasa bahagia saat hobimu menjadi semakin berkembang.

  1.  Berjemur di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan level serotonin di dalam tubuh. Semakin banyak serotonin di dalam tubuh, maka semakin bisa membuat bahagia. Paparan sinar matahari juga dapat menurunkan risiko terjadinya depresi. So, begitu kamu memiliki waktu luang atau senggang, itulah saatnya kamu untuk keluar menikmati sinar matahari atau seaedar memandang langit biru yang cerah.

  1.  Tonton film yang memotivasi

Ketika kamu menonton film, biasanya pikiranmu sedang rileks, sehingga tanpa disadari apa yang terjadi di dalam film dapat masuk ke alam bawah sadar. Kamu akan menerima apa saja pesan yang diberikan selama alur film berjalan sebagi stimulus yang dapat mempengaruhi mood kamu. Jadi akan lebih baik jika kamu menonton film-film yang menginspirasi dan memotivasi atau yang memicu adrenalin sehingga setelah menonton film-film itu kamu akan ikut bersemangat.

  1.  Olahraga

Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan positif. Itulah mengapa kebanyakan orang akan berolahraga ketika pikirannya sedang stres. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti cardio (senam) sampai tubuhmu mengeluarkan keringat. Setelah berolahraga tubuh akan kembali rileks dan santai.

  1.  Membantu orang lain

Saat kamu bisa membantu atau bermanfaat bagi orang lain pasti akan ada kepuasan tersendiri. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, sehingga dia tidak bisa hidup sendirian. Membahagiakan diri dengan membantu orang lain yang kesusahan merupakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Membantu orang lain tidak harus dilakukan dengan hal yang besar, kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti membantu orang tua membersihkan rumah.

  1.  Praktikkan self mindfulness

Mindfulness bisa diartikan sebagai kesadaran penuh akan diri sendiri dan situasinya saat ini. Kebanyakan orang memiliki pikiran yang bercabang-cabang, mereka sering merasa khawatir serta takut. Mempraktikkan self mindfulness dapat membuatmu lebih fokus dengan keadaan saat ini. Kamu bisa mempraktikkan mindfulness mulai dengan berintrospeksi diri, dilanjutkan dengan yoga atau jenis meditasi lain yang sudah biasa kamu lakukan.

Itulah beberapa kegiatan anti bosan yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir ya, sehingga  semuanya bisa kembali beraktivitas di luar rumah.

Untuk mengantisipasi potensi resiko kecelakaan yang dapat terjadi dilingkungan rumah, Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri untuk seluruh keluarga dengan promo 50% discount premi dan bebas biaya admin untuk penutupan asuransi kecelakaan diri keluarga mulai  tanggal 3 Mei 2020 sampai berakhirnya masa pandemi.

Karena tetap harus di rumah saja, pembelian asuransi ini cukup dilakukan melalui Whatsapp Vania (Virtual Assistant  Aswata) di 08111 500 299 dengan cara text #dirumahaja. Selanjutnya Vania akan memandu pembelian polis ini sampai pembayaran online dan penerbitan polisnya melalui Whatsapp chat.

MARI Jaga Indonesia dari rumah - MARI Jaga keluarga tetap aman!

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi tutorial video proses pembelian polis melalui Whatsapp Business https://aswata.co.id/id/pa-keluarga

Informasi lain seputar Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018