Artc-La-Nina---Banner---Vania

 

Layaknya nama seorang wanita yang cantik – yang berdampak indah, namun La Nina yang ini merupakan fenomena iklim. Fenomena La Nina merupakan anomali sistem iklim global yang terjadi dengan periode ulang berkisar antara 2-7 tahun di Samudra Pasifik dan atmosfer, langit di atasnya berubah dari keadaan netral (normal) serta minimal berlangsung selama 2 bulan.

 

Menurut BMKG catatan historis menunjukkan bahwa La Nina dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia hingga 40% di atas normalnya. Namun demikian dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia. Pada Bulan Oktober-November, peningkatan curah hujan bulanan akibat  dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera. Selanjutnya pada Bulan Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua.

 

Puncak La Nina diprediksi akan terjadi pada November-Desember 2020. Meskipun tidak seluruh wilayah akan mengalami peningkatan curah hujan seiring adanya La Nina, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada menghadapi peningkatan curah hujan dan potensi banjir. Pastikan antisipasi pribadi dilakukan dan jaga keselamatan seluruh anggota keluarga.

 
Download Tips Preventif menghadapi La Nina :

ASWATA-Download Waspada Puncak Iklim La Nina

ASWATA-Download Persiapan Hadapi Musim Banjir

ASWATA-Download Waspada Petir

ASWATA-Download Waspada Kebakaran

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo-imac-2017
 logo mari  Logo-AA-Fitch-Ratings 2018