Artc Cuaca Ekstrem 2022


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di berbagai wilayah. Cuaca ekstrem tersebut antara lain berupa angin kencang, hujan lebat, dan petir yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, serta gelombang tinggi di perairan laut yang akan terjadi sampai tahun baru tiba.

 

Dari pantauan dari perkembangan cuaca khususnya selama periode Natal dan tahun baru, yakni 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, dalam periode sepekan mendatang terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer. Potensi ini dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya menjelang akhir tahun.

 

Kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut terjadi karena peningkatan aktivitas Monsun Asia. Aktivitas ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan. Ya, Monsun Asia, adalah fenomena yang menyebabkan meningkatnya penambahan massa udara basah, pola pertemuan massa udara dari laut Jawa hingga Sulawesi, yang menyebabkan potensi gelombang tinggi, banjir, hingga tanah longsor.

 

Selain itu, terpantau juga aktivitas gelombang atmosfer seperti Madden Julian Oscilaltion (MJO), gelombang Kelvin, dan Rossby Ekuatorial. Aktifitas tersebut dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan. Kondisi cuaca ekstrem tersebut dapat memicu berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, pohon tumbang, banjir rob, gelombang tinggi, angin kencang, jalanan licin, puting beliung, dan lain sebagainya.

 

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, Aswata mengundang semua pihak – masyarakat, nasabah dan mitra untuk melakukan mitigasi demi mencegah terjadinya bencana akibat cuaca ekstrem. Himbauan untuk menata lingkungan, mengelola sampah dengan tidak sembarangan, membersihkan saluran air atau sungai, menjauhi tanah yang labil atau mudah longsor, serta memangkas dahan dan ranting pohon yang sudah mulai rapuh. Selain itu, masyarakat diingatkan untuk selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi dengan terus memperbarui informasi cuaca untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum merayakan pergantian Tahun, yuk persiapkan perlindungan Asset dari risiko Cuaca Ekstrem.

Download Tips Cara Penanganan menghadapi Cuaca Esktrem untuk :

ASWATA-Download Mobil Matic yang Kebanjiran

ASWATA-Download Mobil saat Terendam Banjir

ASWATA-Download Rumah saat Terendam Banjir

ASWATA-Download Jaga Diri saat Banjir Datang

Baca selengkapnya Informasi produk :
Asuransi Aswata Usaha A+
Asuransi Aswata Griya A+
Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga
Asuransi Aswata Oto A+

Untuk menghubungi Sales Office Aswata terdekat silahkan lihat di Jaringan Kantor kami.

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018