Beberapa waktu terakhir ini, cuaca panas menyengat di berbagai wilayah Indonesia, dilansir dari BMKG – Badan Meterologi dan Geofisika ternyata ada lima penyebab cuaca panas di Indonesia. Apa saja? Simak poin-poin di bawah ini.

  1. Adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa di seluruh wilayah Asia, termasuk Indonesia
  2. Adanya gerak semu matahari yang terjadi setiap tahun yang menambah lonjakan panas di wilayah sub-kontinen Asia Selatan, kawasan Indochina dan Asia Timur pada tahun 2023
  3. Adanya tren pemanasan global dan perubahan iklim yang menyebabkan gelombang panas semakin sering terjadi
  4. Adanya dominasi monsun Australia, di mana Indonesia memasuki musim kemarau
  5. Adanya intensitas maksimum radiasi matahari pada konisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan

 

Poster Cuaca Panas

Simak tips dari Kementerian Kesehatan yang meminta masyarakat agar waspada ketika di luar ruangan saat fenomena panas di Indonesia

Menurut BMKG fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan ini tidak masuk dalam kategori gelombang panas. Hal tersebut merujuk kepada karakteristik fenomena maupun karakteristik pengamatan suhu. "Fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas, karena tidak memenuhi kondisi-kondisi tersebut," ujar Dwikorita Kepala BMKG dalam siaran pers BMKG, Selasa (25/4/2023). Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.

Masyarakat diminta untuk tidak menjadi panik dan mengikuti arahan untuk mengatasi cuaca panas dari sumber resmi yang dapat dipercaya.

Lindungi harta benda dari potensi risiko perubahan cuaca, hubungi Tanya Aswata: 1500298 atau Vania – Virtual Assistant Aswata 08111500299 atau kantor Aswata terdekat untuk mendapatkan informasi produk yang sesuai.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018