hubungan dengan pelanggan

Untuk menjaga eksistensi bisnis di masa pandemi virus corona saat ini, penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Ketika interaksi secara langsung menurun signifikan karena adanya aturan social distancing, maka yang diperlukan ialah adanya interaksi secara digital.  

Sebab, bagaimanapun jaringan atau networking merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis sehingga hubungan tersebut harus tetap dijaga dan dipertahankan. Hal ini juga penting untuk membuat brand kita tetap diingat.

Berikut ini lima hal yang dapat dilakukan untuk dapat tetap meningkatkan hubungan baik termasuk dengan prospek, pelanggan, maupun karyawan.

 

1. Terhubung dengan orang-orang di daftar kontak atau database kamu

Ini lah saat nya untuk kita kembali menghubungi orang-orang yang ada di daftar kontak atau database untuk menanyakan kabar sekaligus memberitahukan informasi terkini mengenai perusahaan, mulai dari promosi, kampanye, dan lain sebagainya. Lakukanlah kontak secara personal, sehingga orang tersebut merasa lebih dihargai, dan tetaplah merespons atau menanggapi pesan yang masuk secara cepat.

 

2. Berikan hadiah kecil kepada klien atau mitra

Saat ini, orang-orang rentan untuk stress. Pada masa tersebut, mereka tentu membutuhkan perhatian besar. Jika ada klien, mitra, atau hubungan bermakna lain yang sedang kamu prospek, maka tidak ada salahnya untuk memberikah hadiah kecil yang dapat menghibur mereka pada masa sulit ini.

 

3. Berikan pesan yang sederhana dan pribadi

Ingatlah bahwa kamu tidak perlu menanyakan semua pertanyaan atau membagikan semua informasi yang ingin disampaikan pada pesan pertama. Buat koneksi titik sentuh sehingga orang-orang tahu bahwa kamu memikirkan mereka. Koneksi yang kamu buat hanya perlu beberapa kata, tetapi itu membuat seseorang tahu kamu ada di sana.

Alih-alih membanjiri dan membombardir pesan kepada teman-teman dan kontak pesan kamu, pertahankan pesan sesederhana mungkin dengan satu pikiran. Lebih disukai, kamu dapat mengekspresikan sesuatu yang menunjukkan bahwa kamu memikirkannya secara pribadi ketika menulis catatan itu.

 

4. Beri tanggapan

Ketika banyak pesan yang kamu terima, jangan lupa untuk segera memberikan respons sehingga pihak pengirim mengetahui bahwa pesan yang dia kirim telah kamu terima dengan baik, apalagi jika pesan tersebut terbilang cukup penting dan bersifat personal.

Hal sederhana ini dapat memperkuat hubungan kamu dengan orang lain sekaligus menjadi cara terbaik untuk mempertahankan komunikasi di lain waktu. Jika kamu tidak punya waktu untuk menulis respons penuh, simpan pesannya, lalu tulis kembali. kamu dapat menjawab pertanyaan atau mengirim respons positif untuk menunjukkan penghargaan kamu dalam komunikasi tersebut.

 

5. Gunakan seluruh saluran komunikasi

Gunakanlah semua saluran komunikasi untuk tetap terhubung dengan berbagai pihak. Bisa juga lakukan konferensi video sehingga terjadi percakapan tatap muka untuk mempertahankan dan memelihara hubungan baik

Berikan berbagai informasi berharga melalui media sosial maupun situs web yang dapat membantu pelanggan dan prospek selama pandemi coronavirus. kamu bisa menyertakan konten-konten yang menarik pada saluran media sosial misalnya mengenai tips kesehatan, keuangan, gaya hidup dan lainnya.

 

Itulah 5 cara sederhana yang dapat kamu terapkan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan di tengah pandemi seperti ini. Di bulan September yang bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Aswata punya hadiah jutaan rupiah nih! Yuk lihat caranya di Instagram @aswata.id untuk mengetahui caranya.

 

Instagram Aswata:

https://www.instagram.com/aswata_id

 

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018