Agar mobil tetap nyaman dipakai dan aman jika dipakai memang dibutuhkan perawatan yang maksimal secara menyeluruh dengan dengan cara yang tepat dan mudah. Tidak semua orang dapat meluangkan wajtu mereka untuk merawat mobil mereka secara menyeluruh. Berikut dapat kita perhatikan beberapa cara mudah dalam merawat mesin mobil anda.

Ganti oli berkala

AswataWeb tipsRawatMobil1

Penggantian oli secara berkala sangat mempengaruhi kinerja mobil anda karena hal tersebut berkaitan dengan kondisi mesin mobil anda. Gantilah oli sesuai dengan buku pedoman kendaraaan anda , umumnya dilakukan bila telah menempuh 3000 km hingga 5000 km. Lalu pilihlah oli sesuai dengan tipe dan kapasitas mesin agar mesin mobil anda agar selalu dalam kondisi yang prima.

Periksa cairan radiator

AswataWeb tipsRawatMobil2 coolant

Banyak yang tidak memperhatikan, bahwa peran radiator itu sangat penting untuk menetralisir panas dalam mesin mobil anda. Dampak burk air radiator kurang adalah mesin overheat, mogok dan mengalami kerusakan pada komponen internal mesin. Disarankan untuk mengontrol jumlah air radiator pada mobil anda sesering mungkin.

Bersihkan saringan udara mesin secara teratur

AswataWeb tipsRawatMobil3 filter

Salah satu komponen menyebabkan mesin mobil kekurangan tenaga, boros bbm atau bahkan sulit ketika ingin dihidupkan , adalah saringan udara mesin yang kotor. Bersihkanlah saringan dan saluran udara dengan menggunakan sikat halus/lap untuk membersihkan debu dan tanah yang tertinggal di kotak saringan gunakanlah kompresor angin untuk membersihan saringan udara.

Mengendarai mobil dengan putaran mesin tinggi beberapa saat

AswataWeb tipsRawatMobil4 RPM

Jika dalam waktu yang lama mesin tidak dihidupkan atau terlalu lama digunakan dalam putaran mesin rendah (seperti  dalam kemacetan), maka akan timbul kerak pada mesin. Jalankanlah kendaraan dengan putaran mesin tinggi (4.000 – 6.000 rpm) beberapa detik untuk membuat kerak tersebut terbakar dan keluar melalui knalpot. Namun lihat kondisi sekitar anda dan utamakan selalu keselamatan di jalan raya.

 

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018