Aswata - Genangan air dan banjir melanda di musim hujan? Ada baiknya para pemilik mobil sudah mulai melakukan persiapan cepat tanggap untuk mengatasi mobil yang terendam banjir. Pasalnya banjir akan menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan. Yuk, simak beberapa tips untuk pemilik kendaraan yang mobilnya terendam banjir.



1. PASTIKAN – di sekeliling lokasi kendaraan tidak ada air tergenang

Saat curah hujan tinggi dan ada potensi banjir melanda, segera pindahkan kendaraan ke tempat yang lebih aman dan lepaskan kabel aki untuk mencegah terjadinya korsleting. Tetapi bila mobil terlanjur terendam banjir maka pindahkanlah dengan cara mendorongnya dan jangan sekali - sekali menyalakan mesin mobil setelah terendam air karena berpotensi terjadi korslet pada bagian kelistrikan, jika sisa air masuk ke saluran isap udara ke ruang bakar, maka akan terjadi water hammer di mesin sehingga akan mengakibatkan mesin akan menjadi jebol. Setang seher atau connecting rod akan bengkok atau crank shaft patah saat terjadi kompresi di setiap silinder. Sebaiknya mobil dibawa ke bengkel menggunakan derek dan diperiksa oleh teknisi terlebih dahulu.

 

2. PASTIKAN – tuas rem tangan bebas.

Pemilik mobil yang terendam banjir disarankan untuk bebaskan tuas rem tangan. Umumnya tangan lengket terjadi karena ada air masuk ke permukaan tromol. Baik karena melibas genangan maupun karena kendaraan terendam banjir. Untuk menghindari kasus rem tangan macet, jika hendak parkir dalam waktu berhari-hari, pastikan permukaan rem kering. Atau jika tidak memungkinkan, jangan menggunakan rem tangan. Cukup dengan memarkir mobil dalam kondisi gigi persneleng masuk gigi atau memposisikan persneling ke P untuk mobil matic.

 

3. PASTIKAN – penanganan mobil matic telah sesuai prosedur.

Penting untuk diperhatikan agar tidak mengakibatkan kerusakan yang serius pada Mobil Matic yang terkena dampak banjir. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Segera pindahkan kendaraan ketempat yang lebih aman – tanpa menyalakan mesin mobil dan tidak diperkenankan jumper battery. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan, lepaskan konektor baterry di kutup negatif. Mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric sehingga penanganan sendiri yang kurang tepat dapat membuat kerusakan meluas dan parah. Hubungi Emergency Road Assistance untuk mendapatkan bantuan derek/towing, dan bawa mobil matic ke bengkel terdekat yang menyediakan peralatan fasilitas pengerjaan mobil matic.

 

4. PASTIKAN – nomer telepon penting untuk bantuan Emergency Road Assistance telah tersimpan.

Hubungi VANIA – virtual assistance aswata untuk bantuan Emergency Road Assistance melalui WhatsApp 08111500299.

 


5. PASTIKAN – asuransi kendaraan Anda masih berlaku.

Segera hubungi kantor Asuransi apabila polis telah habis masa pertanggungannya dan memerlukan perpanjangan polis.Bila belum memiliki asuransi kendaraan, cek link dibawah ini untuk mendapatkan info asuransi kendaraan yang dibutuhkan.

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa.

 

Hubungi kantor pemasaran Aswata di kota Anda untuk info detail lainnya seputar asuransi kendaraan, panduan  pengurusan klaim, dan kemudahan administratif lainnya untuk pembelian polis asuransi mobil yang sangat diperlukan saa tbanjir melanda.

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018