Aswata - Curah hujan yang semakin tinggi mencapai pucaknya. Banjir yang melanda Jabodetabek pada hari pertama di tahun 2020 ini merupakan yang terparah sejak 2017. Nah, waspada tingkat tinggi khususnya bagi pengguna mobil yang berkendara di saat hujan dan di musim banjir. Berikut adalah tips dariAswata yang dapat membantu.



1. PASTIKAN –semua lampu kendaraan berfungsi normal

Pastikan semua lampu berfungsi normal dan menggunakan bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut (jika ada) maupun lampu tanda belok/lampu sein. Nyalakan lampu saat kendaraan anda melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. Gunakan lampu hazard (sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaraan Anda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

 

2. PASTIKAN – tekanan angin normal dan alur ban bagus

Pastikan tekanan ban sudah sesuai standar dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan Anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

 

3. PASTIKAN – sistem kontrol kendaraan berfungsi dengan baik

Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

 

4. PASTIKAN – kecepatan berkendara saat hujan terjaga

Hal ini bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraandengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

 


5. PASTIKAN – jaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain

Hal ini dimaksudkan supaya Anda memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain.

 

 6. PASTIKAN – putaran mesin (RPM) berfungsi baik

Saat hujan dan jalan menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas untuk memelihara traksi roda tetap optimal. Untuk mesin bensin, jaga putaran di sekitar 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

 

7. PASTIKAN – tidak memaksa menerobos banjir

Jika dipaksakan melewati genangan air dalam dan air sampai terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara, mesin mobil akan mati (efek water hammer) dan anda terjebak dalam banjir. Jika ini yang terjadi, asuransi mobil tidak menjamin perbaikannya.

 

8. PASTIKAN – rute perjalanan telah direncanakan

Selalu rencanakan rute perjalananan dan sebelum mulai berkendara. Hindari wilayah yang sudah pasti tergenang banjir di musim hujan. Update situasi jalan dan sebisa mungkin tidak alat komunikasi selular saat anda menjalankan kendaraan.

 

9. PASTIKAN – polis asuransi kendaraan masih berlaku

Segera hubungi kantor Asuransi apabila polis telah habis masa pertanggungannya dan memerlukan perpanjangan polis.Bila belum memiliki asuransi kendaraan, cek link dibawah ini untuk mendapatkan info asuransi kendaraan yang dibutuhkan.
https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa

 

Hubungi kantor pemasaran Aswata di kota Anda untuk info detail lainnya seputar asuransi kendaraan, panduan  pengurusan klaim, dan kemudahan administratif lainnya untuk pembelian polis asuransi mobil yang sangat diperlukan saat banjir melanda.

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018