Setelah berjibaku dengan air yang merendam kendaraan Anda, berikut adalah beberapa tips penting penanganan pemulihan terhadap kendaraan yang sudah terendam banjir untuk mengurangi kerugian dan kerusakan yang besar.



1. LAKUKAN pengeringan

Lakukan pengeringan diberbagai komponen mobil : busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, dan seluruh rangkaian kabel.Lepaskan semua kabel kelistrikan dan setelahnya semprot semua komponen yang terkena air dengan menggunakan angin dari kompresor angin.Tidak memiliki kompresor? Gunakan hair dryer (alat pengering rambut).

 

2. LAKUKAN ganti oli

Kuras oli pada mesin dan semprot dengan angin kompresor / pompa angin hingga air dan oli habis terkuras. Isilah kembali oli yang larut dalam air dan setelahnya kuras kembali oli tersebut dengan cara yang sama. Isilah dengan oli baru yang cocok dengan jenis spesifikasi mobil setelah air didalam mesin benar benar hilang.

 

3. LAKUKAN pembersihan tangki bahan bakar

Kuras dan membersihkan tangki bahan bakar untuk menghilangkan air yang kemungkinan masuk ke tangki bahan bakar selama mobil terendam air banjir, sehingga tidak menyebabkan potensi kerusakan pada komponen mesin mobil yang dapat menyebabkan mobil mogok dengan tiba-tiba. Cukup masukan selang kecil hingga ke dasar tangki dan kemudian hisaplah dengan mulut hingga bahan bakar mengalir keluar. Biarkan bahan bakar mengalir keluar hingga sampai habis.

 

4. LAKUKAN pengeringan panel dan lampu

Arus listrik pada lampu rentan aka nhubungan arus pendek atau rentan korsleting sehingga arus dikeringkan. Pengeringan termasuk juga wiper, door trim, klakson, karpet dek dan jok. Keluarkan karpet dan lepaskan sarung jok pada kemudi untuk dicuci dan dijemur. Bagian interior mobil dapat dibersihkan dengan membukake empat pintu mobil untuk menghilangkan bau dan agar benar-benar kering dan bersih.

 


5. LAKUKAN pengecekan peralatan rem

Membersihkan peranti sistem pengereman sangat urgent dilakukan. Lepaskan roda dan buka perangkat rem, setelah itu bersihkan dan keringkan kanvas rem, piston caliper, serta karet tromol. Biasanya kanvas rem mengeras setelah terendam air sehingga perlu ampelas halus untuk membersihkan, tetapi bila terlalu keras, sebaiknya diganti.

 

 6. LAKUKAN pengecekan ke bengkel

Setelah seluruh penangan telah selesai dilakukan, yang terakhir adalah melakukan pemanasan pada mesin mobil. Cukup kurang lebih 10-15 menit saja pemanasan dan setelahnya segera bawa mobil ke bengkel untuk mengecek sistem di electronic control unit (ECU) atau biasa disebut komputer mobil tak  bermasalah. Pemeriksaan peranti serta injector bahan bakar harus segera cepat dilakukan, agar sistem pembakaran pada mesin dapat dideteksi bila terjadi kerusakan.

 

7. LAKUKAN – pengecekan polis asuransi kendaraan

Segera hubungi kantor Asuransi untuk proses klaim. Bila belum memiliki asuransi kendaraan, cek link dibawah ini untuk mendapatkan info asuransi kendaraan yang dibutuhkan.

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa

 

Hubungi kantor pemasaran Aswata di kota Anda untuk info detail lainnya seputar asuransi kendaraan, panduan  pengurusan klaim, dan kemudahan administratif lainnya untuk pembelian polis asuransi mobil yang sangat diperlukan saat banjir melanda.

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018