Aswata– Antisipasi musim hujan dan banjir sangat perlu dilakukan dengan jaga-jaga dengan persiapan pribadi untuk menanggulangi keadaan-keadaan darurat. Berikut barang-barang yang harus disediakan sebagai persiapan banjir.

 

1. SIAP Air

Banjir membuat pasokan air bersih menjadi surut. Persiapan memiliki satu galon besar untuk menyimpan air bersih sangat berguna. Air stock untuk membersihkan badan dan air minum sebagai persiapan banjir adalah catatan jaga-jaga yang pertama.

 

2. SIAP Makanan
Selain listrik padam sehingga tidak dapat menyiapkan makanan, seringkali banjir menutup akses. Saat tertahan di rumah dan tidak bisa memasak atau membeli, stock makanan wajib disiapkan.
Sediakan bahan makanan instan tapi tetap tinggi energi, misalnya buah kering, kacang-kacangan, protein bar, atau granola dirumah. Bisa juga menyimpan bahan-bahan makanan beku yang mudah diolah ketika dibutuhkan dan stock makanan bayi dan balita bila diperlukan.

 

3. SIAP P3K
Selain makanan dan minuman, alat P3K wajib ada di rumah. Terutama bila ada kebutuhan obat-obatan khusus yang  diperlukan keluarga. Sediakan pula ekstra pembalut untuk wanita dan popok untuk bayi jika ada wanita dan anak-anak dirumah.

 

4. SIAP Baju Bersih
Penting untuk persiapan banjir adalah sejumlah baju. Sediakan baju hangat atau baju lengan panjang untuk menghindari Anda kedinginan. Kalau biasanya harus mengungsi ketika banjir, siapkan baju dalam sebuah tas jinjing agar cepat dibawa saat keadaan darurat.

 

5. SIAP Alat-alat Darurat
Saat banjir sering kali terjadi mati listik atau keadaan darurat lainnya hingga harus naik ke atap rumah untuk mencari pertolongan yang mungkin terjadi. Berikut alat-alat darurat yang perlu disiapkan dalam 1 tempat yang mudah diraih.
- Powerbank terisi penuh
- Pisau kecil
- Tali/karet
- Lakban
- Uang tunai Senter dengan stok baterai
- Korek api dimasukkan dalam kantong plastik

 

6. SIAP Dokumen Penting
Simpan dan amankan dokumen-dokumen penting. Mulai dari KTP, kartu keluarga, akta lahir, buku tabungan, ijazah, dan lain-lain di tempat yang tak mungkin basah atau hanyut. Jika harus meninggalkan rumah, dokumen-dokumen tersebut harus ikut dibawa.

 

7. SIAP Polis Asuransi

Untuk keperluan klaim siapkan polis asuransi sehingga dapat dipelajari manfaat dan pertanggungannya, baik asuransi rumah maupun kendaraan serta aset lainnya yang dapat membantu dari musibah banjir.

Segera hubungi kantor Asuransi apabila polis telah habis masa pertanggungannya dan memerlukan perpanjangan polis.


Hubungi kantor pemasaran Aswata di kota Anda untuk info detail lainnya seputar asuransi rumah, panduan  pengurusan klaim, dan kemudahan administratif lainnya untuk pembelian polis asuransi rumah yang sangat diperlukan saat banjir melanda.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018