anak betah belajar

Berada di rumah saja merupakan upaya paling sederhana yang bisa seseorang lakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain imbauan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, ada pula imbauan ibadah di rumah dan belajar di rumah.

Tentu saja, belajar di rumah bukan hanya menjadi tantangan tersendiri bagi murid-murid dan guru tapi juga bagi orang tua yang menjadi guru pengganti selama harus belajar di rumah saat pandemi virus Corona. Tak sedikit orang tua yang mengeluh kerepotan dan merasa bingung untuk membuat anak-anak tetap disiplin dan senang belajar di rumah.

Selain menemani anak belajar, sebagai orang tua kita juga dituntun untuk membuat anak merasa nyaman belajar di rumah. Di bawah ini ada 6 cara bikin anak betah belajar di rumah saat pandemi virus Corona.

1. Perluas Pengetahuan Parenting Selama Pandemi

Cara pertama untuk membuat anak betah belajar di rumah saat pandemi virus Corona dengan memulainya dari diri kita sendiri sebagai orang tua, perluaslah pengetahuan parenting selama pandemi.

Menurut Child Protection Specialist Unicef Indonesia Astrid Gonzaga Dionisio dikutip dari covid-19.go.id mengungkapkan bahwa pengasuhan bisa menjadi cukup melelahkan bagi orang tua karena juga harus mendampingi anak dan siap menggunakan gadget dan internet. Tentu saja hal tersebut bisa membuat stres, apalagi jika tidak ada yang membantu.

2. Lakukan Kegiatan Bersama

Rutinitas dan kesibukan orang tua selama bekerja tak jarang membuat hubungan anak dan orang tua menjadi jauh. Melalui kampanye #dirumahaja, Astrid berpendapat, hal ini menjadi kesempatan bagus bagi orang tua untuk melakukan kegiatan bersama anak di rumah dan menjadi lebih akrab dengan anak.

3. Siap Menjadi Guru di Rumah

Dengan belajar di rumah, orang tua jadi memiliki tugas tambahan yakni harus siap berperan sebagai guru pengganti untuk anak-anaknya di rumah. Untuk beberapa orang hal ini bukan sesuatu yang mudah, butuh kesabaran khusus untuk melakukannya.

Orang tua juga diharapkan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan, namun merasa senang dan betah untuk belajar sendiri didampingi ibu atau ayahnya.

4. Memiliki Jadwal yang Jelas

Sama halnya dengan belajar di sekolah, belajar di rumah juga tetap harus memiliki jadwal yang jelas. Tentu saja hal ini bertujuan untuk membuat anak tetap disiplin meskipun belajar di rumah.

5. Ciptakan Suasana Belajar Senyaman Mungkin

Bisa dibilang menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah hal penting dari upaya orang tua untuk membuat anaknya betah belajar di rumah. Berawal dari suasana yang nyaman dan kondusif akan membawa perasaan bahagia saat belajar.

Sediakan meja dan kursi yang sesuai dengan tinggi anak. Selain itu, nyaman untuk anak belajar seperti di ruang kelasnya. Terkadang menyulap salah satu ruang di rumah menjadi ruang belajar anak juga dapat meningkatkan perasaan anak seperti belajar di sekolah.

6. Berikan Penghargaan pada Anak

Selain menciptakan suasana belajar yang nyaman, upaya untuk membuat anak betah belajar di rumah juga bisa kita lakukan dengan mempertimbangkan untuk memberinya penghargaan.

Penghargaan atau rewards dapat diberikan ke anak dengan sistem poin atau bintang. Jika anak mengerjakan dengan cepat dapat berapa poin, jika anak mengerjakan dengan tekun dan hasilnya bagus dapat berapa poin. Lalu jika anak mengerjakan tantangan pelajaran dengan inisiatif dan kreatif dapat poin tertinggi.

Pengumpulan poin per 100 poin nantinya bisa diganti dengan pemberian hadiah. Pastikan hadiah yang diberikan adalah hadiah yang memorable atau berkesan untuk anak, misalnya postcard yang dibikin orang tua sendiri serta berisi kata-kata mutiara.

Nah itulah 6 cara agar anak betah belajar saat di rumah saja. Walaupun di rumah saja, potensi kecelakaan pun tetap ada lho! Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri untuk seluruh keluarga dengan promo 50% discount premi dan bebas biaya admin untuk penutupan asuransi kecelakaan diri keluarga mulai  tanggal 3 Mei 2020 sampai berakhirnya masa pandemi.

Karena tetap harus di rumah saja, pembelian asuransi ini cukup dilakukan melalui Whatsapp Vania (Virtual Assistant  Aswata) di 08111 500 299 dengan cara text #dirumahaja. Selanjutnya Vania akan memandu pembelian polis ini sampai pembayaran online dan penerbitan polisnya melalui Whatsapp chat.

MARI Jaga Indonesia dari rumah - MARI Jaga keluarga tetap aman!

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi tutorial video proses pembelian polis melalui Whatsapp Business https://aswata.co.id/id/pa-keluarga

Informasi lain seputar Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018