tips persiapan banjir

Siapapun tentu ingin memiliki perabot rumah tangga, katakan saja seperti furnitur yang tahan lama dan awet hingga puluhan tahun. Meski demikian, ada banyak kondisi tak terduga yang nyatanya bisa merusak furnitur kesayangan kamu. Salah satunya akibat bencana banjir.

Bagi mereka yang tinggal di kawasan ‘langganan’ banjir, musibah ini mungkin dianggapnya sebagai hal yang ‘biasa’. Bahkan saking seringnya dilanda banjir, mereka hanya bisa pasrah manakala isi rumahnya terendam air.

Padahal banjir tidak hanya berpotensi merusak struktur bangunan, tapi juga furnitur dan perabot rumah tangga. Untuk meminimalisir kerusakan tersebut waktunya persiapan nih mumpung belum banjir, simak beberapa tips untuk memilih dan menjaga furnitur agar tahan banjir.

Material Kayu Jati dan Plywood

Material kayu memang rentan mengalami kerusakan jika terendam air terus menerus. Namun jika tetap ingin memilih perabot kayu, maka pilihlah jenis kayu yang tepat. Untuk furnitur lemari, meja, kursi dan ranjang tidur pilihlah furnitur berbahan kayu solid seperti kayu jati.

Kayu jati memiliki daya tahan yang kuat terhadap air, terlebih jika permukaannya dilapisi oleh cat kedap air. Selain Jati, kayu plywood juga bisa menjadi pilihan. Tekstur permukaan plywood halus dan memiliki kerapatan yang kuat sehingga kedap air.

Plywood umumnya dilapisi kulit kayu jati, kayu sungkai, dan kulit nyatoh. Lapisan pelindung seperti cat duco atau lapisan tahan air juga penting diberikan pada permukaan kayu plywood.

Material Plastik dan Alumunium

Furnitur berbahan dasar plastik dan alumunium merupakan pilihan tahan banjir yang tepat untuk rumah kamu. Jika kamu ragu dengan performa bahan kayu yang mudah mengembang jika terendam air, maka kamu bisa mengganti pintu kusen dengan bahan alumunium atau plastik.

Dengan harga yang relatif murah, ada banyak jenis furnitur plastik yang bisa mempermanis rumah kamu.

Bahan Besi Stainless Steel

Furnitur berbahan besi stainless steel juga tahan akan gempuran air hujan. Kamu bisa menggunakannya pada meja makan atau tempat tidur. Untuk menjaga permukaan furnitur tahan lama dan tidak mudah rusak, beri lapisan pelindung seperti waterproofing khusus.

Memasang Roda atau Kaki-kaki

Untuk perabot yang berukuran besar seperti lemari, rak, dan sofa, tambahkan roda atau kaki-kaki pada bagian bawahnya. Tujuannya agar kamu lebih mudah memindahkan dan mengamankan furnitur tersebut ketika banjir datang sehingga perabot kamu terselamatkan dari genangan banjir.

Hindari Material Spons

Material spons biasanya digunakan untuk mengisi sofa atau kasur. Sifatnya yang mudah menyerap air dan lumpur membuat kondisinya sulit dibersihkan jika terlanjur terendam genangan banjir. Untuk itu hindari memilih material ini atau berikan pelindung di bagian bawah dengan penopang yang tinggi dan aman.

Yuk selalu jaga perabotan rumah tangga seperti furnitur kesayang kamu agar tiap bencana banjir tidak rusak. Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Griya A+ seperti rumah terendam banjir yang mengakibatkan perabotan mengalami kerusakan.

Selain aman, kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Griya A+ lho! Informasi lebih lanjut hubungi kantor Sales Office Aswata terdekat.

MARI Jaga Indonesia dari rumah

 

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Sales Office Aswata terdekat

https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018