overthinking

Apakah kamu termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan? Jika ya, bisa jadi kamu termasuk orang yang overthinking. Jangan sampai salah mengartikan dengan sifat pemikir ya. Orang yang memiliki sifat pemikir cenderung memikirkan hal-hal yang memang perlu dipikirkan. Sedangkan orang yang overthinking biasanya suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan hal sepele atau yang belum tentu bermanfaat.

Memikirkan sesuatu sebelum bertindak merupakan hal baik, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri. Bukan hanya waktu, energimu juga akan terkuras karena melakukan hal ini selama berjam-jam dan tidak mendapatkan apa-apa. Nah, untuk mencegah kebiasaan ini, coba deh terapkan tips-tips berikut ini.

1. Berhenti sejenak dan cari penyebabnya

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa kamu memiliki kebiasaan overthinking. Setelah itu berhentilah sejenak dan tenangkan pikiranmu. Langkah selanjutnya yaitu cari sumber masalah yang selama ini bersarang di kepalamu.

Apakah itu masalah pekerjaan, hubungan, keluarga atau lainnya? Jika perlu tulislah apa yang kamu pikirkan, kemudian baca satu per satu. Lalu temukan pikiran-pikiran yang sebenarnya tidak perlu dan coret dari daftar tersebut.

2. Lakukan sesuatu yang berbeda

Cara ini bisa membantumu melupakan pikiran-pikiran yang ada di kepalamu. Mengalihkan perhatian merupakan cara yang tepat bagi kamu yang suka overthinking. Kamu bisa mencoba kegiatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya saja bergabung dengan komunitas di tempat tinggalmu, berpetualang dengan teman atau sekadar menonton film dan memasak di rumah yang selama ini jarang kamu lakukan.

3. Cobalah untuk berpikiran terbuka

Membuka pikiran bisa membantumu mencari solusi dari pemasalahan yang ada. Lihat masalah yang sedang kamu hadapi dari sudut pandang lain. Buang jauh-jauh pikiran negatifmu dan ganti dengan selalu berpikir positif. Selain dapat menemukan solusi, hal ini dapat membantumu melupakan pikiran yang tidak penting.

4. Tantang ketakutanmu sendiri

Rasa takut bisa menghambat keberhasilan seseorang. Kamu gak bisa mempertimbangkan hal lain jika terus memikirkan hal-hal yang membuatmu takut untuk mengambil langkah. Tantang ketakutanmu itu dengan cara memberi reward untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil melawannya. Dengan begitu, kamu tak akan tenggelam dalam rasa takut yang berlarut-larut.

5. Jika belum berhasil, ubah ketakutanmu menjadi sebuah antisipasi

Jika overthinking datang saat kamu akan mengambil keputusan, coba deh buat list apa yang kamu takutkan. Setelah itu buat rencana untuk mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut. Hal ini juga membuatmu terbiasa untuk menghadapi berbagai situasi buruk. Rencana cadangan akan membuatmu lebih nyaman dan tidak takut lagi menghadapi hal-hal yang belum pasti.

6. Beri batas waktu dalam mengambil keputusan

Overthinking biasanya datang ketika seseorang dihadapakan dengan pengambilan keputusan yang besar. Orang tidak mau salah dalam mengambil langkah, sehingga mereka akan terus memikirkan keputusan apa yang tepat.

Cara yang paling mudah agar kamu tidak overthinking adalah dengan menentukan batas dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, kamu memiliki waktu kapan harus memikirkannya dan kapan harus berhenti memikirkannya.

7. Ulangi terus cara-cara tersebut dan bersyukurlah

Kebiasaan overthinking tidak akan berhenti begitu saja. Namun, hal ini merupakan sesuatu yang bisa kamu kontrol. Oleh karena itu setiap kali overthinking itu datang, lakukan cara-cara tersebut hingga menjadi kebiasaanmu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur. Melatih diri untuk selalu bersyukur dapat membantu pikiranmu menjadi positif.

Memikirkan sesuatu yang berlebihan seperti ketika sedang memarkirkan kendaraan mobil ada pikiran mobil kita akan rusak dikarenakan kejatuhan benda berat sebaiknya tidak perlu dicemaskan. Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Oto A+ seperti mobil rusak karena kejatuhan benda berat ketika diparkir di luar rumah.

Selain aman, kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Oto A+ lho! Informasi lebih lanjut hubungi kantor Sales Office Aswata terdekat.

MARI Jaga Indonesia dari rumah

 

Informasi produk Asuransi Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa

Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Sales Office Aswata terdekat

https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018