kemerdekaan finansial

Menyambut euforia kemerdekaan yang akan tiba dalam beberapa hari lagi akan lebih bermanfaat jika membahas mengenai kemerdekaan finansial. Siapa yang tidak menginginkan kemerdekaan finansial? Sebelum beranjak jauh ke sana, sudahkah kamu tahu apakah arti kemerdekaan finansial dan bagaimanakah cara untuk meraih kemerdekaan finansial?

Definisi kemerdekaan finansial sendiri sebenarnya berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Hal ini terjadi karena setiap orang memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Ada yang beranggapan bahwa dengan memiliki tabungan dengan nominal sekian sudah cukup merdeka, ada yang beranggapan bahwa jika sudah memiliki beberapa mobil mewah sudah merdeka. Di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa jika sudah memiliki rumah sendiri tanpa harus menyewa sudah cukup merdeka. Pada kondisi lain, ada yang beranggapan bahwa kemerdekaan finansial baru didapatkan jika dirinya sudah terbebas dari seluruh masalah utang yang dihadapinya.

Jadi, definisi kemerdekaan finansial memang harus disesuaikan dengan kondisi dan target personal kamu. Untuk meraih kemerdekaan finansial ini memang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun apabila kamu dapat menentukan cara terbaiknya, maka kamu dengan mudah dapat mendapatkan kondisi finansial terbaikmu.

Lalu, apa saja sih hal-hal yang dapat mendorong langkah untuk mendapatkan kemerdekaan finansial sejak dini?

1. Menentukan Tujuan

Diperlukan suatu langkah nyata, terukur dan layak. Artinya saat memiliki impian, maka kamu harus mengetahui apa impian yang kamu ingin raih. Jika kamu memiliki tujuan kebebasan finansial, deskripsikan secara jelas dari impian tersebut agar dapat memperoleh solusi yang jelas.

2. Buat Anggaran

Buat anggaran, biasanya sebagian dari kita tidak mengetahui dan sadar kemana dana kita dihabiskan. Hal ini membuktikan bahwa kamu belum mengetahui cara mengatur keuangan yang sesuai. Apabila ingin mengatur pengeluaran keuangan agar lebih baik, maka dibutuhkan sebuah anggaran untuk mengatur prioritas dan alokasi kebutuhan yang lebih terencana.

3. Bayar Tanggungan dengan Tepat Waktu

Memiliki kartu kredit untuk mengelola keuangan bulanan kamu? Coba pikir ulang kembali deh. Suku bunga kartu kredit yang relatif tinggi inilah yang sangat berbahaya bagi kondisi keuanganmu. Namun, apabila digunakan secara sesuai dan tepat waktu. Kartu kredit merupakan suatu alat pembayaran yang sangat berguna.

4. Gunakan Auto Debit

Auto Debit atau pemotongan secara langsung adalah sebuah fitur yang dimiliki beberapa perbankan di Indonesia. Sistem ini menggunakan sebuah sistem transfer berkala antar rekening secara otomatis. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mereka yang ingin menabung. Fitur Auto-Debit ini cukup efektif, karena biasanya mereka membuat 2 buah rekening di mana rekening yang pertama dijadikan rekening utama sedangkan rekening kedua digunakan sebagai rekening untuk menabung.

5. Perhatikan Kredit

Credit score sangatlah berpengaruh apabila kamu memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman dana. Apabila credit score baik, kemungkinan pinjaman dana yang diajukan akan disetujui dan ditambah dengan suku bunga yang lebih rendah.

6. Hidup Minimalis

Biasakan hidup minimalis. Kamu dapat memulai hidup minimalis, dengan membedakan mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang sekiranya kurang penting. Hidup minimalis bukan berarti hidup serba susah, tetapi hidup minimalis adalah hidup yang mengutamakan prioritas.

7. Asuransi Sejak Dini

Nah yang tidak kalah penting untuk merasakan kemerdekaan finansial yaitu dengan adanya jaminan dari produk asuransi. Jika ada musibah atau kecelakaan yang dapat merugikan kamu secara finansial, maka pihak asuransi akan menanggung semua kerugian tersebut. Maka membeli produk asuransi sejak dini akan melengkapi kemerdekaanmu secara finansial.

Aswata selalu siap kasih kamu perlindungan dengan produk-produk asuransinya. Untuk informasi produk asuransi Aswata dapat mengunjungi kantor cabang terdekat di https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

Informasi Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018