pribadi lebih baik 2

Pernah mendengar ujar-ujaran yang menyebutkan, “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”?. Ujar-ujaran tersebut menunjukkan bahwa setiap manusia harus selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Mungkin banyak yang sudah paham maksud ujar-ujaran tersebut. Tapi, bisa jadi tidak banyak yang tahu caranya menjadi orang yang lebih baik. Sehingga keinginan untuk lebih baik pun menjadi terhambat. Di masa kenormalan baru akibat dari pandemi Covid-19, cobalah untuk merubah pribadimu juga untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

7 kebiasaan hidup ini akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

 

1. Rutin membuat gratitude list

Terlihat mudah dilakukan, namun sering diabaikan karena tidak biasa dilakukan. Mengingat setiap kejadian di hidup kita untuk kemudian kita syukuri bersama. Cobalah rutin menuliskan gratitude list yang terjadi dalam keseharianmu. Mau ditulis di awal hari atau akhir hari. Semua sama saja. Karena yang paling penting adalah bagaimana kamu mampu melihat proses yang sudah kamu jalani dan mensyukuri apapun yang kamu dapatkan. Berlatihlah rutin mengucapkan syukur. Maka kamu akan lebih mudah untuk melakukan banyak hal lainnya.

 

2. Buat jadwal kegiatan dari pagi hingga malam hari

Jika kamu terbiasa menggunakan daftar kegiatan untuk melakukan pekerjaan setiap harinya, maka terus lakukan. Sebab hal ini akan membuatmu disiplin dan semakin produktif dalam beraktivitas. Bahkan tak perlu menunggu bekerja di sebuah perusahaan dengan target yang sudah ditentukan saja yang mewajibkanmu membuat daftar aktivitas. Tapi kamu bisa menuliskan kegiatan baik itu di rumah sekalipun.

 

3. Jangan meremehkan waktu, biasakan bangun lebih pagi

Jika merasa hidupmu belum ada perubahan dari tahun ke tahun, beranikan dirimu untuk menciptakan perubahan terutama dari dirimu sendiri lebih dulu. Cobalah disiplinkan waktumu. Bangunlah lebih pagi meski tak sedang sekolah atau bekerja. Kamu harus mengubah kebiasaan bangun siang meski sedang berlibur. Perubahan besar dimulai dari perubahan kecil yang menjadi kebiasaan. Termasuk mengubah kebiasaan bangun siang yang membuat kita sering membuang-buang waktu di kegiatan lainnya.

 

4. Fokus pada solusi atau fokus pada masalah?

Setiap orang tentu menghadapi masalah dalam hidup mereka. Sulit ataupun mudah semua memiliki hak untuk segera lepas dari masalah tersebut atau berusaha melupakan tanpa menyelesaikan. Ya, dalam ilmu Psikologi setiap orang memiliki 2 kemampuan mengelola masalah yang cukup umum digunakan. Fokus terhadap masalah atau Fokus terhadap solusi.

 

5. Lakukan review setiap akhir minggu

Tak banyak yang melakukan hal ini. Tapi bagi yang terbiasa melakukan bisa jadi kebiasaan yang baik lho. Kamu yang terbiasa menulis rencana di awal minggu untuk aktivitasmu, apakah juga sudah terbiasa melakukan review setiap akhir minggu?

Kenapa harus? Sebab setiap yang sudah kamu lakukan, berhasil atau tidaknya semua harus dievaluasi. Sehingga kamu akan lebih paham apa yang salah dan apa yang benar. Dengan begitu kamu bisa segera mencari solusi jika mengalami kegagalan dan bisa mengembangkan cara jika dirasa sudah benar.

 

6. Menerima diri sendiri dengan segala yang ada

Tak semua orang memahami konsep menerima dan mencintai diri sendiri. Bukan narsis karena terlalu memikirkan diri sendiri. Tapi menerima dan mencintai diri sendiri membantu kita lebih mudah dalam mengembangkan potensi diri sesuai dengan hal yang kita sukai.

Menerima diri apa adanya, mencintai, dan mengembangkan potensi diri pun bisa menjadi kebiasaan yang kita pupuk sejak dini. Mulai menerima apapun keadaan kita. Menjaga kesehatan dan mengembangkan diri menjadi salah satu cara kita mencintai diri kita. Lakukan kebiasaan yang tidak hanya membuat kita produktif tapi juga bahagia dan senang melakukannya.

 

7. Berani mencoba melakukan kebiasaan baru

Yang terakhir adalah keberanianmu melakukan kebiasaan baru. Selain resolusi dalam hal prestasi dan kegiatan yang menyenangkan hatimu, maka catat juga kebiasaan apa yang baik dan burukmu di tahun lalu. Koreksi dirimu sehingga kamu bisa membuat rencana perbaikanmu untuk masa ini.

Nah itulah beberapa kebiasaan hidup yang akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kemungkinan buruk di masa yang akan dengan memproteksi diri kamu, keluarga, kendaraan, bisnis dan lain-lain dengan Asuransi Wahana Tata.

 

Kunjungi kantor cabang Aswata di kota kamu: https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

Informasi Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018