PT Asuransi Wahana Tata Optimis Dengan Pertumbuhan Asuransi Syariah di Indonesia

 

Jakarta, 27 Januari 2014. PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) hari ini secara resmi meresmikan Aswata Takaful, sebuah Unit Usaha Syariah yang memberikan produk dan layanan asuransi umum berbasis syariah. Aswata Takaful adalah bukti komitmen perusahaan untuk terus melengkapi diri dan selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani nasabah.

“Sebagai salah satu perusahaan yang telah melayani nasabah selama lebih dari 49 tahun kami optimis bahwa ekonomi Indonesia akan terus tumbuh dengan baik. Demikian juga halnya dengan prospek perkembangan industry keuangan syariah atau takaful di negeri ini. Peresmian Aswata Takaful ini adalah cerminan optimisme dan komitmen kuat kami untuk terus mengembangkan perusahaan,” ungkap Christian Wanandi, Presiden Direktur PT Asuransi Wahana Tata.

Aswata Takaful akan melayani nasabah perorangan dan segmen komersial dimana saat ini baru dilayani oleh 24 perusahaan, dimana dua diantaranya berbentuk Perusahaan Asuransi Umum Syariah dan

22 Unit Usaha Syariah.

 

“Kami melihat besarnya peluang untuk memberikan pelayanan asuransi umum syariah kepada segmen nasabah perorangan maupun pemilik usaha. Kami telah mempersiapkan produk asuransi kendaraan, properti dan alat berat untuk Aswata Takaful,” ujar M. Th. Ratnawati, Direktur Sales & Marketing PT Asuransi Wahana Tata.

“Hal ini tentunya berkaitan dengan terus tumbuhnya jumlah penjualan kendaraan bermotor dan properti baik untuk penggunaan pribadi maupun usaha. Demikian juga dengan alat berat, dimana kami mendapatkan cukup banyak permintaan dari mitra bisnis kami,” Ratnawati menambahkan.

Untuk pola distribusi atau penjualan produk, Aswata Takaful akan menggunakan beberapa saluran distribusi seperti kerjasama dengan perbankan, leasing dan lembaga pembiayaan syariah lainnya. Juga tentunya melalui keagenan dan penjualan langsung melalui kantor-kantor Asuransi Wahana Tata yang telah ada. Orientasi utama untuk tim penjualan Aswata Takaful tentunya adalah menambah nasabah yang  baru ke dalam portofolio bisnis perusahaan.

Proyeksi Bisnis

Dengan proyeksi beberapa tahun kedepan, dimana trend pertumbuhan kontribusi bruto pada industri asuransi syariah yaitu antara 35% sampai  50% setiap tahunnya, dan adanya peningkatan  market share asuransi syariah diatas 6 % dibanding asuransi konvensional, serta adanya peningkatan jumlah pembiayaan disektor Bank Umum Syariah, Aswata Takaful berharap akan dapat meraih setidaknya 3% dari total kontribusi bruto industri asuransi syariah di Indonesia.

“Untuk di tahun pertama, kami harapkan Aswata Takaful dapat membangun pondasi yang kuat  seperti kerjasama dengan perbankan, leasing dan berbagai institusi pembiayaan lainnya. Juga terus memperkenalkan produk dan meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga pemasar perusahaan, sehingga kita bisa tumbuh lebih pesat di tahun-tahun berikutnya,” ujar Ratnawati.

Tentang Aswata

PT. ASURANSI WAHANA TATA (Aswata) adalah perusahaan asuransi umum yang telah hadir melayani nasabah sejak 1964. Kini, Aswata adalah salah satu dari lima besar perusahaan asuransi umum di Indonsia dengan kekuatan permodalan yang solid didukung oleh dedikasi tinggi lebih dari 1.100 karyawan di 68 jaringan kantor yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Aswata juga aktif bekerjasama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan lainnya, broker asuransi/reasuransi,  reasuransi terkemuka baik dalam dan luar negeri, professional loss adjuster, independent surveyor, agen-agen asuransi dan bengkel-bengkel mobil terbaik.

Aswata melayani nasabah individu hingga korporasi dengan produk asuransi Property, Kendaraan Bermotor, Pengangkutan, Rangka Kapal dan Pesawat Terbang, Rekayasa, Minyak & Gas, asuransi Uang, Tanggung Gugat, Penjaminan, dan Kecelakaan Diri. Sejak tahun 2005, perusahaan sudah mengembangkan sistem teknologi informasi terintegrasi LINTASWATA yang mampu melayani seluruh proses bisnis perusahaan di semua jaringan kantor pemasarannya secara on-line. Dengan LINTASWATA ini, perusahaan dapat semakin meningkatkan kemudahan, kecepatan dan keakuratan pelayanan kepada seluruh pemegang polisnya.

Perusahaan ini meraih penghargaan “Corporate Image Award 2010 dan 2012 – Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC)” dengan predikat “Excellence in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori “Non-Vehicle Insurance” dari Frontier Consulting Group yang bekerja sama dengan Bloomber Businessweek. Penghargaan lain yang diterima oleh Aswata adalah atas “Predikat Sangat Bagus atas Kinjera Keuangan selama tahun 2011 dan 2012” dari majalah Infobank. Pada Juni 2013, Aswata menerima penghargaan “Best General Insurance” dari Majalah Media Asuransi berdasarkan kinerja keuangan tahun 2012 untuk kategori perusahaan Asuransi Umum dengan Nilai Ekuitas Rp. 250 – 750 milliar.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Agung Priambadha

Head of Marketing Support

PT Asuransi Wahana Tata

Telp.: (021) 5203145

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018