Padang, Sumatera Barat, Indonesia, 16 Juni 2016 - PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) meluncurkan produk asuransi gempa bumi parametrik baru untuk LKM di wilayah Padang, Sumatera Barat dan Aceh. Peluncuran ini ditandai dengan penyerahan dokumen polis asuransi untuk tiga nasabah perdana oleh Christian Wanandi, Presiden Direktur Aswata, disaksikan oleh perwakilan dari Swiss Re dan Mercy Corps Indonesia sebagai dua mitra dalam pengembangan produk tersebut.

 

Aswata LaunchGempaParametric PenyerahanPolis web

Keterangan foto: Penyerahan polis asuransi perdana kepada tiga nasabah awal produk Asuransi Gempa Parametrik untuk Lembaga Keuangan Mikro oleh Christian Wanandi, Presiden Direktur PT Asuransi Wahana Tata (kiri).

 

"Aswata memahami Padang dan Aceh sebagai dua wilayah yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun, kedua provinsi ini juga rawan terhadap bencana gempa bumi berintensitas tinggi dan skala yang besar. Belajar dari bencana sebelumnya, kita melihat adanya masalah di masyarakat saat mereka yang terkena dampak bencana menghadapi kesulitan dalam memulihkan kehidupan dan ekonomi mereka dengan cepat setelah wilayah ini dilanda gempa bumi, "kata Christian Wanandi.

Tidak seperti asuransi tradisional dimana pembayaran klaim dilakukan setelah pemegang polis melakukan klaim untuk kerusakan yang sebenarnya, asuransi parametrik membayar klaim berdasarkan acuan yang ditetapkan - dalam hal ini kekuatan gempa. Ini berarti pemegang polis menerima pembayaran klaim mereka lebih cepat, mengurangi proses dari bulan atau tahun, menjadi hanya beberapa hari atau minggu. Bagi masyarakat Aceh dan Sumatera Barat, ini berarti LKM dapat terus memberikan pinjaman segera setelah gempa bumi, ketika nasabah mereka mungkin mengalami kesulitan membayar pinjaman mikro mereka karena rumah dan usaha mereka terkena bencana.

 

Aswata LaunchGempaParametric AllPeople web

Keterangan foto, kiri ke kanan: Thomas Kessler dari SwissRe, Asep Iskandar dari OJK, Christian Wanandi bersama tiga nasabah perdana, Jennifer Bielmann dari MercyCorp's dan Yasril Rasyid dari Maipark, foto bersama sesaat setelah serah terima polis.

 

"Di sini kami melihat adanya risiko terhadap lembaga keuangan, terutama LKM. Ketika nasabah mereka menghadapi masalah dalam membayar atau memenuhi angsuran mereka karena gempa bumi, arus kas LKM mungkin akan terpengaruh. Hal ini akan menurunkan kemampuan LKM untuk menyediakan dana, yang dalam banyak kasus justru diperlukan untuk menghidupkan kembali bisnis yang hancur akibat bencana. Sebagai jawaban atas hal ini, kami telah bermitra dengan Swiss Re dan Mercy Corps Indonesia untuk menciptakan dan menawarkan produk baru ini," Christian menambahkan.

 

Selengkapnya, silahkan klik untuk melihat press release acara.

 

 

 

 

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018