cegah pencuri

 

Seiring waktu pencuri semakin pintar. Tapi masih banyak langkah untuk mencegah pencuri membobol rumah kamu yang hanya memerlukan investasi waktu dan dana yang terjangkau. Gembok adalah salah satu langkah keamanan rumah paling revolusioner yang pernah diciptakan. Setelah diperkenalkan pada tahun 1960, pencurian rumah terus menurun. Pada tahun 1970-an, kebanyakan rumah telah dipasang kunci gerendel dan pencurian telah berada pada rekor terendah.

Berikut 9 cara mencegah pencuri membobol rumah kamu saat efek kirminalitasi meningkat dikarenakan pandemi Covid-19 ini mewabah.

1. “Ada” di Rumah

Kebanyakan pencurian yang terjadi pada siang hari terjadi ketika anggota keluarga kamu sedang berada di tempat kerja atau sekolah. Ketika kamu pergi pada siang hari (atau malam), ciptakan ilusi bahwa ada seseorang di rumah. kamu dapat menghidupkan lampu, radio atau televisi dengan timer. Alternatif lain, kamu dapat membeli produk yang akan mensimulasikan adanya suara dan penampakan aktivitas dalam ruangan rumah kamu.

2. Jangan Lupa Mengunci Pintu / Jendela

Menurut data statistik, sekitar 40 persen penyusup yang masuk rumah datang melalui pintu atau jendela yang terbuka. Jika tidak ada di rumah, pastikan untuk mengunci semua pintu dan jendela. Dan pasang gembok atau gerendel. kamu juga dapat membuat pintu anti maling dengan memasang bingkai kokoh, dan pintu dari kayu solid, fiberglass atau logam.

3. Amankan garasi

Jagalah pintu garasi agar selalu tertutup, bahkan ketika kamu sedang ada di rumah. Jika kamu sering lupa untuk menutupnya, pasang alat yang akan menutup pintu garasi kamu secara otomatis setelah terbuka dalam waktu tertentu. Jika kamu akan pergi untuk jangka waktu yang lama, nonaktifkan pembuka pintu atau gerendel pintu untuk mencegah pencuri mudah merayap masuk dari bagian bawah pintu garasi.

4. Jangan Pamer

Rumah yang terlihat paling mewah di lingkungan kamu pasti akan menjadi sasaran utama. Oleh karena itu jangan suka pamer. Jika kamu membeli televisi baru atau sound system yang mahal, jangan meninggalkan kardus kemasan di luar rumah. Jangan biarkan anak-anak kamu meninggalkan sepeda dan mainan lainnya tergeletak di halaman depan, dll. Dengan kata lain, jangan mengiklankan bahwa kamu memiliki barang-barang bernilai tinggi untuk mengundang penyusup potensial.

5. Jangan Berikan Tempat untuk Bersembunyi

Jangan membuat rumah menjadi target dengan menyediakan tempat bersembunyi yang nyaman. Jauhkan pohon dan semak-semak jauh dari pintu, jendela dan titik masuk lainnya. kamu tetap dapat memiliki taman, tapi jaga tanaman tetap terawat sehingga tidak memberikan tempat bersembunyi bagi pencuri. Jika kamu menyukai tanaman semak di sekitar rumah, pilihlah tanaman berduri yang tidak ramah bagi penyusup untuk bersembunyi.

6. Kenali Tetangga

Apakah kamu tahu bahwa tetangga yang usil ternyata bisa membantu mencegah pencurian? Coba bertemanlah dengan seluruh keluarga yang tinggal di dekat kamu. Lingkungan yang memiliki warga yang ramah dan suka bersosialisasi memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah. Hal ini karena munculnya orang asing akan terlihat sangat menonjol. Berteman dengan tetangga kamu dapat menjadi cara mencegah pencuri membobol rumah yang terbaik. Tawarkan untuk saling menjaga dan mengawasi rumah tetangga kamu khususnya saat kamu atau tetangga sedang berpergian.

kamu bahkan dapat mengusulkan kesepakatan dengan warga sekitar untuk ronda bersama. Awasi orang asing yang berkeliling di lingkungan; dan saling memberitahu bila ada perilaku yang mencurigakan. Dan segera panggil polisi jika kamu melihat aksi kejahatan. Segera bunyikan alarm jika diperlukan. Pencegahan lebih baik daripada menyesal kemudian.

7. Tutup Gorden

Jendela akan membiarkan cahaya dan udara segar masuk ke dalam rumah kamu. Tetapi ia juga memberikan pencuri cara mudah untuk menjarah rumah kamu. Biasakan untuk menutup tirai atau gorden ketika kamu tidak di rumah. Tutup gorden terutama pada malam hari ketika lampu ruangan membuat sulit untuk melihat ke luar tapi sangat mudah untuk melihat ke dalam rumah.

8. Pasang Alarm rumah

Cara mencegah pencuri membobol rumah kamu yang terakhir adalah memasang sistem alarm rumah. Ada banyak pilihan yang tersedia mulai dari sistem yang hanya mengawasi akses masuk hingga alarm canggih yang menggabungkan deteksi gerakan dan getaran sensor, pemantauan dengan smartphone, hingga perekaman video CCTV. Ada beberapa pilihan untuk yang memiliki dana terbatas. kamu mungkin akan terkejut betapa terjangkaunya harga sistem alarm untuk keamanan rumah.

Alarm rumah adalah salah satu alat terbaik untuk pencegahan pencuri, jadi pastikan setiap orang dalam keluarga kamu tahu bagaimana untuk menggunakan sistem alarm ini. Namun, jangan ajarkan anak-anak kecil password alarm tersebut. Aturan praktisnya adalah, jika mereka tidak cukup dewasa untuk tinggal di rumah sendirian maka ia tidak perlu tahu. Ingat bahwa mereka mungkin akan tidak sengaja keceplosan memberikan kode tersebut kepada seseorang yang tidak dikenal dengan sedikit bujukan.

9. Ajarkan anak kamu tentang bahaya dari orang tak dikenal

Meskipun penting untuk mengajarkan anak kesopanan, mereka juga harus tahu untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing ketika mereka sendirian. Beritahu anak-anak kamu bahwa mereka tidak boleh membuka pintu untuk orang asing dan harus selalu meminta pengunjung untuk mengidentifikasi dirinya sendiri. Setiap kali bel pintu berdering, pastikan untuk meminta ID sebelum membuka pintu.

Selain cara diatas, hal yang paling penting yang kamu lakukan adalah dengan memproteksi rumah kamu dengan asuransi. Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan Asuransi Griya A+ seperti seperti kemalingan dengan kehilangan perabotan rumah tangga di dalam rumah.

Selain aman, kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Griya A+ lho! Informasi lebih lanjut hubungi kantor Sales Office Aswata terdekat.

 

MARI Jaga Indonesia dari rumah

 

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

 

Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Sales Office Aswata terdekat

https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018