sehat jiwa raga

 

Senyum memiliki segudang manfaat yang tak pernah kita pikirkan. Untuk urusan relasi sosial, senyum yang tulus bisa membuat seseorang lebih disukai, lebih menarik, cerdas dan bisa dipercaya.

Rupanya, senyum juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita! Apalagi saat ini sedang mewabahnya virus corona yang sampai saat ini belum ada obatnya. Dengan tersenyum, hidup akan lebih terasa sehat jiwa dan raga dan terhindar dari penularan virus corona.

Apa saja sih manfaat tersenyum yang bisa kita dapatkan? Berikut ini ada 7 manfaat tersenyum yang baik untuk kesehatan kita.

 

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah dapat menurunkan tekanan darah! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat otot relaksasi, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah serta membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung.

 

2. Mampu menguatkan sistem imun

Tersenyum juga memiliki manfaat bagi sistem imun tubuh! Faktanya, senyuman, tawa dan pikiran positif bisa melepaskan molekul persinyalan di otak untuk melawan stres dan penyakit. Di sisi lain, berpikiran negatif bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tersenyum adalah obat terbaik bagi tubuh.

 

3. Sebagai penghilang rasa sakit

Masih ada segudang lagi manfaat tersenyum bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai penghilang rasa sakit (painkiller)! Di sebuah penelitian, ditemukan bahwa tersenyum meningkatkan ambang rasa sakit dan menciptakan toleransi rasa sakit yang lebih tinggi.

 

4. Meningkatkan suasana hati

Ada kalanya, mood kita berantakan dan uring-uringan sepanjang hari. Siapa sangka kalau solusinya cukup dengan tersenyum? Berdasarkan studi, terbukti bahwa tersenyum dapat meningkatkan suasana hati dan bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan dan depresi. Tak hanya itu, setelah tersenyum, suasana hati kita jadi lebih positif.

 

5. Tersenyum bisa menghilangkan stres

Manfaat tersenyum lainnya adalah bisa menghilangkan stres! Studi yang dipublikasikan di laman Psychological Science menemukan bahwa tersenyum dapat menghasilkan detak jantung yang lebih rendah dan membuat kadar stres berkurang. Sementara, stres dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tersenyum memiliki manfaat psikologis dan fisik.

 

6. Bisa membuat hubungan antar personal jadi lebih baik

Kalau ini adalah manfaat psikologis dari tersenyum. Orang yang sering tersenyum lebih disukai dan dianggap lebih menarik dibanding orang yang jarang tersenyum. Ini adalah cara mudah untuk memulai dan membangun hubungan dengan orang lain. Jadi, tetaplah tersenyum karena senyuman bisa membantu menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat dan lebih sehat.

 

7. Tersenyum memunculkan hormon kebahagiaan

Terakhir, senyum bisa memunculkan berbagai hormon di otak. Seperti dopamin, endorfin dan serotonin. Hormon tersebut dikenal juga dengan hormon kebahagiaan, karena dapat menenangkan sistem saraf, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Dopamin memberikan energi dan motivasi, endorfin mengurangi rasa sakit dan memunculkan euforia serta serotonin dapat memperbaiki mood.

Nah, itulah 7 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari tersenyum. Karyawan Aswata pun selalu tersenyum jika kamu membutuhkan produk asuransi seperti asuransi usaha, rumah, kendaraan, kecelakaan diri dan yang lainnya.

 

Kunjungi kantor cabang Aswata di kota kamu: https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Informasi Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018