punya rumah

 

Tingginya harga rumah membuat generasi milennial patah arang soal memiliki rumah sendiri. Banyak yang pesimis generasi anak muda ini bisa punya rumah. Apakah kamu merupakan bagian dari generasi milenial yang belum memiliki rumah? Ingin tahu cara milenial membeli rumah yang mudah dan cepat?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), di tahun 2020 ini Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang sangat besar. Diperkirakan, 90 juta penduduk Indonesia di tahun 2020 ini adalah yang termasuk generasi milenial.

Mereka yang berada di rentang usia 20-39 tahun dan sedang berada dalam usia produktif sekaligus sebagai tulang punggung ekonomi. Angka 90 juta jiwa penduduk Indonesia generasi milenial ini adalah target utama pasar properti di Indonesia belakangan ini.

Namun, dengan berbagai faktor yang menghambat, perlu ada panduan mengenai cara milenial membeli rumah yang tepat. Berikut ini cara mudah agar generasi milenial memiliki rumah sendiri:

 

1. Kurangi Nongkrong

Makan di luar atau nongkrong bersama teman-teman nampaknya sudah menjadi salah satu kegiatan rutin generasi millenial. kamu juga sering melakukannya?

Saking sudah menjadi kegiatan rutin, banyak yang tidak bisa mengatur pengeluaran saat nongkrong. Padahal, jika kebiasaan ini dikurangi, maka memiliki rumah bukan lagi mimpi.

 

2. Menabung Emas/Deposito

Cara ini memang sudah umum disarankan dan memang harus dilakukan. Ketika memutuskan untuk membeli rumah, tentu kamu sebagai generasi millenial pun harus giat menabung untuk membayar uang muka KPR yang nilainya cukup besar.

Kamu kesulitan menabung meski sudah memisahkan rekening bank untuk keperluan sehari-hari dan tabungan? Kalau begitu, ubah cara menabung kamu! Ada beberapa yang bisa kamu pilih, seperti membuka tabungan berjangka, deposito, atau reksadana.

Kamu juga bisa membeli emas dan menyimpannya untuk dijadikan tabungan. Cara-cara tersebut tergolong tepat karena kamu tidak bisa menggunakan uangnya kapanpun. Cukup cairkan ketika kamu akan menggunakannya untuk membayar DP rumah!

 

3. Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Seperti yang kita tahu, semakin besar dan strategis rumah, maka harganya akan semakin mahal. Jika kamu ingin memiliki rumah dengan budget yang terbatas, maka pilihlah rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu membeli yang terlalu besar.

 

4. Cari DP yang Bisa Dicicil

Seperti yang kita tahu, nilai uang muka atau down payment (DP) yang cukup besar juga seringkali menjadi penghambat untuk bisa memiliki rumah, termasuk bagi generasi millenial. Persaingan penjualan rumah antar pengembang biasanya membuat mereka memberikan promo, termasuk DP yang bisa dicicil dalam jangka waktu tertentu. Program cicilan DP tentunya akan sangat membantu bagi generasi millenial yang masih memiliki keterbatasan untuk membayar DP.

 

5. Pilih Tenor KPR Terpanjang

Setelah memikirkan tentang DP, tentu para generasi millenial juga harus mempertimbangkan jangka waktu cicilan atau tenor KPR yang diajukan. Jangan sampai besaran cicilan lebih besar atau pas-pasan dengan penghasilan yang didapatkan.

Pendapatan yang terbatas membuat generasi millenial banyak yang mampu membayar cicilan rumah dalam jumlah kecil. Melihat hal tersebut, maka solusi tepat bagi generasi millenial agar lebih cepat punya rumah adalah dengan memilih tenor KPR yang cukup panjang agar cicilan per bulannya rendah.

 

6. Harus Ubah Pola Pikir

Pada intinya, siapapun termasuk generasi millenial bisa punya rumah dengan cepat asalkan bisa mengubah gaya hidup jadi lebih hemat. Selain itu, perlu juga diiringi dengan komitmen yang kuat untuk bisa mencicil rumah.

Biasakan juga untuk tidak memiliki utang agar kamu bisa fokus untuk menabung! Jika keuangan masih terbatas dan hanya mampu membeli rumah di kawasan pinggiran kota, tak perlu khawatir. Banyak kawasan pinggiran yang jauh lebih berkembang setelah beberapa tahun kemudian dan tentu ini akan ikut menaikkan harga rumah.

 

7. Tak Usah Muluk-muluk

Fokuslah pada tujuan utama kamu. Jika keinginan utama adalah untuk memiliki rumah, maka fokuslah pada tujuan tersebut dan sesuaikan dengan kemampuan. Jika kemampuan finansial yang dimiliki hanya mampu menjangkau rumah di kawasan pinggiran, tak perlu dipermasalahkan. Bukankah yang terpenting adalah mencapai tujuan kamu?

Yuk generasi milenial agar punya rumah sendiri dengan cara-cara mudah di atas ini. Dengan niat usaha segalanya akan mungkin tercapai seperti memiliki rumah sendiri. Jika sudah memiliki rumah sendiri, jangan lupa untuk memproteksikan rumah kamu dengan Aswata Griya A+ dengan pelayanan pelanggan di era new normal ini. Aswata Griya A+ punya banyak sekali manfaat buat back up rencana-rencana besarmu di masa yang akan datang supaya jangan ada kerugian financial bila ada musibah.

Selain aman, kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Griya A+ lho! Informasi lebih lanjut hubungi kantor Sales Office Aswata terdekat.

 

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Sales Office Aswata terdekat

https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo-imac-2017
 logo mari  Logo-AA-Fitch-Ratings 2018