Memiliki permasalahan dengan produk jasa keuangan? Bagaimana cara menyampaikan pengaduan ke LAPS SJK?

 

 

Berikut adalah cara-cara penyelesaian sengketa melalui mediasi dan arbitrase di LAPS SJK.

1. Mediasi

Jika sengketa yang dialami telah sesuai dengan kritera sengketa yang ditangani LAPS SJK sebagaimana disebutkan di atas, maka langkah yang dapat ditempuh adalah:

  1. Menyampaikan permohonan penyelesaian sengketa ke LAPS SJK melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) yang disediakan oleh OJK, atau melalui non-APPK dengan cara langsung mengunjungi kantor LAPS SJK.
  2. Proses verifikasi dan klarifikasi terlebih dahulu dengan cara pihak LAPS SJK akan berkomunikasi dengan konsumen dan PUJK untuk memastikan apakah pengaduan dimaksud dapat dan layak diproses lebih lanjut ke tahap mediasi;
  3. Jika dinilai dapat dan layak, selanjutnya LAPS SJK akan mengajak para pihak untuk membuat kesepakatan untuk mediasi di LAPS SJK melalui perjanjian mediasi;
  4. Aduan yang telah melalui verifikasi dan sepakat untuk diselesaikan di LAPS SJK dibubuhkan nomor registrasi perkara;
  5. Tahap pembayaran biaya-biaya mediasi jika sengketa termasuk sengketa komersial;
  6. Penunjukan mediator.
  7. Pelaksanaan perundingan mediasi.

 

Terkait dengan biaya LAPS SJK, untuk perkara yang termasuk retail & small claim tidak dikenai biaya mediasi. Sementara, untuk sengketa komersial akan dikenai biaya.

Untuk menentukan sengketa termasuk retail & small claim akan dinilai berdasarkan nilai tuntutan konsumen ke PUJK yang akan diselesaikan di LAPS SJK, yaitu:

  1. Rp200 juta untuk sengketa di bidang pergadaian, pembiayaan dan fintech, sengketa dengan nilai tuntutan Konsumen kepada PUJK.
  2. Rp500 juta untuk sengketa di bidang perbankan, pasar modal, asuransi jiwa, dana pensiun, modal ventura, dan penjaminan; 
  3. Rp750 juta untuk sengketa di bidang asuransi umum.

2. Arbitrase

Apabila ingin menyelesaikan sengketa melalui arbitrase di LAPS SJK, masyarakat harus terlebih dahulu memiliki kesepakatan untuk berarbitrase di LAPS SJK melalui perjanjian arbitrase.

Selanjutnya, dapat mengajukan permohonan arbitrase sesuai dengan peraturan dan acara arbitrase LAPS SJK dengan mendaftarkan permohonan tersebut kepada sekretariat LAPS SJK u.p. Ketua LAPS SJK dan langsung membayar biaya pendaftaran permohonan arbitrase atau melalui permohonan arbitrase dalam bentuk pengaduan melalui APPK.

Pengurus LAPS SJK akan melakukan verifikasi pendaftaran tersebut. Jika pendaftaran memenuhi syarat menurut peraturan dan acara arbitrase LAPS SJK, maka pengurus LAPS SJK akan menerima pendaftaran tersebut, membubuhkan nomor registrasi perkara.

Selanjutnya, perkara akan diproses ke tahap berikutnya, yaitu:

  1. Pembayaran biaya administrasi dan honorarium arbiter;
  2. Penunjukan arbiter;
  3. Memasuki tahap persidangan arbitrase.

 

Sumber:

  1. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.07/2020 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Layanan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan;
  2. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 61 /POJK.07/2020 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan.

 


Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) adalah lembaga penyelesaian sengketa di luar pengadilan yang didirikan pada tanggal 22 September 2020 oleh Self Regulatory Organizations (SROs) dan asosiasi-asosiasi di lingkungan sektor jasa keuangan.

Dalam menjalankan kegiatannya, LAPS SJK memperoleh ijin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 29 Desember 2020, dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2021. Sebagai satu-satunya Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) di sektor jasa keuangan yang memperoleh ijin operasional dari OJK, maka LAPS SJK menggantikan peran dan fungsi 6 LAPS yang ada sebelumnya di sektor jasa keuangan (yaitu BAPMI, BMAI, BMDP, LAPSPI, BAMPPI dan BMPPVI) dan sekaligus memperluas cakupannya pada penyelesaian sengketa di bidang Fintech.

 

 

 

KLIK GAMBAR UNTUK MENDOWNLOAD FILE YANG LEBIH BESAR.

ASWATA-Download

Jadwal Imsakiyah untuk Seluruh Wilayah Indonesia

 

 

 

Aswata berpartisipasi memberikan dukungan dalam pengembangan pengetahuan melalui kegiatan Konferensi Ilmiah Akuntansi ke-XI (KIA XI) tahun 2024

 

Dok. Aswata: Prof. Dr. dr Yuda Turana, Sp. S (K) Rektor Universitas Katolik Atma Jaya menabuh gong sebagai simbol pembukaan acara

 

Konferensi Ilmiah Akuntansi ke-XI (KIA XI). KIA merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi DKI Jakarta - Ikatan Akuntan Indonesia kompartemen Akuntan Pendidik sejak tahun 2014. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 7 dan 8 Maret 2024 dengan host Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. KIA XI mengusung tema “How Do Accountants Contribute to Environmental Sustainability by Leveraging Artificial Intelligence?”.

 

Dok. Aswata: Penerima Penghargaan Apresiasi Sponsorship

 

Tahun ini, KIA XI diselenggarakan dengan skala konferensi Internasional  sebagai bentuk keterlibatan para akuntan pendidik dan mahasiswa di level internasional. Diikuti oleh dosen, peneliti, mahasiswa, praktisi, pengelola korporasi, Pemerintah, dan pemerhati lainnya secara hybrid, dengan panel diskusi dari Jakarta dan speaker daring dari Copenhagen Denmark dan Hongkong, dengan dukungan partner dari Taiwan, Malaysia, Filipina, Hungaria, dan Thailand.

 

 Dok. Aswata:  Ibu Dewi Setiawati - Dept. Head Marketing Support Aswata, Menerima Penghargaan Apresiasi Sponsorship (Kanan)

 

  Dok. Aswata:  Ibu Dewi Setiawati - Dept. Head Marketing Support Aswata, Menerima Penghargaan Apresiasi Sponsorship

 

 

   Dok. Aswata: Penghargaan Sponsorship yang diterima Aswata dalam KIA XI

 

Aswata turut memeriahkan kegiatan UNPAR Career Expo 2024 di Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang diadakan pada hari Jumat sampai dengan Minggu, 1-3 Maret 2024 dengan tema: Capture The Scene To Get The Treasure.

 

 

Dok. Aswata: Flyer Career Expo

 

 

Dok. Aswata: Flyer Seminar Literasi 

 

 

Aswata berpartisipasi dalam Booth Recruitment, Wawancara dan Seminar Literasi Mahasiswa dengan tema: Yuk, Kuliah Sambil Kerja!

 

 

Dok. Aswata: Sambutan oleh Rektor UNPAR

 

 

 Dok. Aswata: Booth Aswata dijaga oleh Maria Elisabeth Dwi Septina sebagai HR Recrutment HO, Agustinus Heryanto sebagai Head of Sales Corp - Bandung, Dionisius Tommy Prahardanto sebagai Sales Corp - Bandung dan Muhamad Hafizh Najmu Tsakib sebagai HRGA - RO - Tengah (kiri ke kanan)

 

 

Dok. Aswata:  Maria Elisabeth Dwi Septina sebagai HR Recrutment HO menjelaskan tentang recruitment Aswata

 

Jangan Lupa, datang ke Booth PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) dan bisa juga dengan menghubungi kantor cabang terdekat di sini

 

Sambut Tahun Naga Kayu bersama Keluarga!! ikuti PROMO COLEK - Cashback Gopay Imlek


Dapatkan ANGPAO Total Jutaan Rupiah dalam bentuk Saldo Gopay dengan melakukan penutupan 
Aswata OTO A+, Griya A+ dan atau Usaha A+ di periode 9 Feb s.d. 25 Feb 2024

Promo  - Cashback Gopay Imlek

Nikmati Cashback untuk setiap penutupan Produk :
🚗 Aswata OTO A+
🏠 Aswata Griya A+
🏪 Aswata Usaha A+

Syarat & Ketentuan :

1. Periode Promo berlaku dari tanggal 9 Feb - 25 Feb 2024 mulai pukul 00:00 WIB s.d. 23:59 WIB.

2. Promo berlaku untuk pembelian Polis baru produk Aswata OTO A+, Griya A+ dan atau Usaha A+. Promo dapat digabungkan dengan promo lain yang berlaku untuk produk yang sama.

3.Hadiah diberikan untuk 20 Pemenang Pertama setelah premi lunas dibayarkan dan tidak dapat dibatalkan.

4. Hadiah Promo adalah extra cashback berupa saldo Gopay, sbb :
·  Produk OTO A+ à cashback saldo Gopay senilai Rp 100,000,-
·   Produk Griya A+ atau Usaha A+ (min. Premi Rp.500.000,-) à cashback saldo Gopay senilai Rp 50,000,-
· Hadiah akan diterima sesuai mekanisme penukaran cashback di bawah ini.

Mekanisme Penukaran Cashback 26 Feb – 29 Feb 2024 :
1. Whatsapp Vania di nomor 08111500299
2. Ketik COLEK

Selamat Tahun Baru Imlek 2024, semoga harapan dapat terwujud, kesempatan datang menyapa dan keberhasilan dapat kita raih!

 

 

Halo Keluarga Aswata!

Menurut zodiak China, Tahun Baru Imlek 2024 adalah Tahun Naga Kayu yang dimulai pada 10 Februari 2024 dan berlangsung hingga 28 Januari 2025.

 Diprediksi, Imlek tahun ini akan membawa kelimpahan dan akan menjadi kesuksesan jangka panjang bagi banyak orang. Menurut astrologi Tiongkok, naga digambarkan sebagai karakter yang mempunyai kekuatan, keluhuran, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan. Ingin tahu ramalan Shio dan Keberuntungan kamu di tahun ini?

VANIA akan bantu ramal shio kamu! Selain itu, ada juga layanan lain yang bisa kamu dapatkan. Caranya mudah! Langsung chat Whatsapp VANIA - Virtual Assistant Aswata (08111500299), Ketik Shio

 

 

 

Semoga harapan dapat terwujud, kesempatan datang menyapa dan kelak keberhasilan dapat kita raih!

 

 


PT. Asuransi Wahana Tata

Head Office
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018