Surabaya, 18 April 2012

PT Asuransi Wahana Tata - ASWATA telah melaksanakan kick off sekaligus meresmikan beroperasinya Kantor Regional Barat yang berkantor di Medan, yang membawahi 7 kantor pemasaran besar di wilayah Sumatera dan sekitarnya, yaitu Kantor Medan, Kantor Pematang Siantar, Kantor Padang, Kantor Pakanbaru, Kantor Batam, Kantor Palembang, dan Kantor Jambi.

Dan setahun telah berlalu sejak dicanangkannya struktur organisasi ASWATA yang baru yang ditandai dengan diresmikan beroperasinya Kantor Regional  Wilayah Tengah di Bandung yang menaungi beberapa kantor pemasaran yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada hari Selasa, 11 Januari 2011, yang disertai dengan diluncurkan program “Quantum Leap 2011”, ASWATA telah berkomitmen untuk mewujudkan pencapaian visi dan misi sebagai perusahaan asuransi umum guna memberikan pelayanan terbaik, menjaga nama baik, berinovasi dan terpercaya, menjadi pilihan utama pelanggan dan mitra usaha serta kebanggaan karyawan.

Setelah melalui beberapa tahapan dan proses yang panjang berupa sosialisasi, pembekalan, pemantapan, ujicoba dan evaluasi dengan hasil yang memuaskan, maka manajemen ASWATA membulatkan tekad untuk melanjutkan program ini dengan menyusun skenario implementasi struktur organisasi secara “big bang” untuk wilayah lain yaitu Regional Jakarta, Regional Barat, dan Regional Timur. Dalam scenario dimaksud, menyusul peresmian Kantor Regional Jakarta dan Kantor Regional Barat beberapa bulan lalu.

 

Di hari yang membanggakan ini ASWATA juga resmikan beroperasinya Kantor Regional Timur di Surabaya, yang membawahi 9 kantor pemasaran besar di wilayah Jawa Timur dan Indonesia Timur, yaitu Kantor Surabaya Tunjungan, Kantor Surabaya Jemursari, Kantor Malang, Kantor Denpasar, Kantor Makassar, Kantor Banjarmasin, Kantor Balikpapan, Kantor Samarinda, Kantor Manado, serta 10 Kantor Perwakilan, yaitu Kantor Perwakilan Jember, Perwakilan Kediri, Perwakilan Kendari, Perwakilan Kupang, Perwakilan Mataram, Perwakilan Palangkaraya, Perwakilan Palu, Perwakilan Sorong, Perwakilan Ternate, dan Perwakilan Gorontalo.

Semua rangkaian kegiatan ini untuk meningkatkan pelayanan bagi nasabah, yang sesuai dengan program “New Service Experience” bagi seluruh customer dengan service campaign WE CARE (Welcome, Empathy, Creative, Accurate, Responsive dan Excellence) yang memberikan kenyamanan yang lebih serta kemudahan bagi customer dalam mengajukan klaim dan permintaan perlindungan asuransi.


Bapak Christian Wanandi, Presiden Direktur ASWATA mengungkapkan bahwa dalam waktu singkat kami telah mengalami beberapa perubahan yang sangat signifikan, antara lain penambahan kantor pemasaran baru, sehingga kini ASWATA tercatat telah memiliki 55 kantor pemasaran yang didukung oleh Tenkologi Informasi dan realtime di seluruh Indonesia.


“Seiring dengan itu, kami pun telah merekrut puluhan agen-agen potensial dan professional yang  baru yang akan mendukung dan melengkapi jaringan pemasaran kami untuk masuk di pasar retail yang tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia” ujarnya.
Tidak hanya itu, lompatan besar juga terjadi pada perolehan premi bruto tahun 2011 yang mencapai Rp. 1.32 trilyun atau meningkat 40% dari tahun sebelumnya, yang berarti telah melampaui target yang telah ditetapkan.  

Pada kesempatan yang sama, Dra.M.Th. Ratnawati, Direktur Marketing Asuransi Wahana Tata, menyampaikan hasil kinerja di tahun 2012. Ditandai dengan sulitnya pasar reasuransi imbas musibah di Jepang, Thailand dan wilayah Asia Pacific umumnya, termasuk perkiraan di awal tahun bakal terjadi musibah banjir ‘siklus lima tahunan’ di Jakarta dan sekitarnya, sehingga berimbas terhadap industry asuransi di Indonesia yang mengalami kondisi sulit.
“Pihak reasuransi menerapkan selection risk yang sangat ketat dan tarif yang tinggi sehingga memaksa setiap perusahaan asuransi termasuk Asuransi Wahana Tata untuk bekerja ekstra keras mereview dan mengkaji ulang setiap resiko yang akan diambil baik untuk bisnis baru, bahkan polis renewal sekalipun”, tandas Ratnawati.
Namun Asuransi Wahana Tata dapat bertahan terhadap kondisi ini dan dapat mempertahankan perolehan premi kwartal pertama tahun 2012 ini tetap meningkat yaitu sebesar Rp. 342,15 milyar atau naik sebesar 4,6 % dari perolehan premi bruto periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar Rp. 327 milyar.

Hal yang cukup menggembirakan adalah terjadinya peningkatan dari bisnis retail dimana untuk penutupan langsung terjadi kenaikan 38.07% atau sebesar Rp. 53.04 milyar dibanding periode sebelumnya tahun lalu yang hanya sebesar Rp. 38.42 milyar. Begitu pula dari bisnis melalui agen, per 31 Maret 2012 ini telah membukukan premi sebesar Rp. 36.70 milyar, meningkat 30.40% dari tahun 2011 pada periode yang sama sebesar Rp. 28.15 milyar. Hal ini menunjukkan bahwa strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnis retail cukup efektif untuk mempertahankan bisnis ini agar dapat mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.  

Dengan tetap mempertimbangkan terhadap kondisi terkini yang kurang menguntungkan menyusul krisis ekonomi global dan banyaknya bencana alam catastrophe tersebut sehingga mendapatkan dukungan atau back up reasuransi yang kurang maksimal, Asuransi Wahana Tata tetap optimis dapat mencapai target premi untuk tahun 2012 ini sebesar Rp.1,56 Trilyun. Sehubungan dengan hal ini, maka strategi yang diambil manajemen adalah dengan terus melakukan inovasi pengembangan produk, mengembangkan jaringan pemasaran retail yang lebih luas, saluran distribusi yang beragam serta lebih  mengembangkan saluran distribusi keagenan di seluruh Indonesia.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat

Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
soc-ig soc-fb soc-in soc-yt

Vania--Tanya-Aswata

 
 otoritas-jasa-keuangan-logo  logo mari
 Logo-AA-Fitch-Ratings 2018