Artc-Borehole-Seismometer

Dok.Aswata: Peresmian Pemasangan Borehole Seismometer di Aswata Kantor Pusat, Jakarta oleh Bapak Rudy Wanandi - Komisari Utama Aswata, Bapak Ahmad Fauzie - Direktur Utama Maipark, Bapak Christian Wanandi – Presiden Direktur Aswata


Jakarta 13 Agustus 2019. Sesar Baribis-Kendeng, sejatinya membentang dari Timur hingga ke Barat Pulau Jawa, Salah satu potongan atau segmennya diduga oleh para ahli melintas di area Jakarta. Berdasarkan hasil riset Kolali pada 2016 dan Pusat Survey Badan Geologi, yang memodelkan segmen Sesar Baribis lokasinya diperkirakan berjarak sekitar 10 kilometer di Selatan Jakarta. Selain itu, wilayah cekungan Jakarta diapit Patahan Cisadane di bagian Barat dan Patahan Bekasi di sisi Timur.


Beberapa kejadian gempa tektonik yang mengguncang beberapa wilayah seperti di Majalengka, Kuningan dan Cirebon pada Selasa dini hari, 25 Juni 2019 di sinyalir akibat aktifitas Sesar Baribis. Berdasarkan analisa BMKG, episenter gempa ini terletak di lereng Utara Gunung Ciremai pada koordinat 6,867 Lintang Selatan dan 108,396 Bujur Timur, tepatnya berada di darat pada jarak dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake, yang dipicu sesar aktif. Hal ini dikuatkan dengan data bahwa lokasi pusat gempa ini memang merupakan jalur Sesar Baribis tepatnya Segmen Ciremai. Namun demikian, keberadaan Sesar Baribis hingga saat ini masih perlu penelitian lebih dalam.


Artc-Borehole-Seismometer-2

Dok.Aswata: Sambutan Bapak Christian Wanandi – Presiden Direktur Aswata dalam Peresmian Pemasangan Borehole Seismometer di Aswata Kantor Pusat, Jakarta

Oleh Karenanya, Group R & D PT. Reasuransi Maipark Indonesia bekerjasama dengan LAPI ITB melakukan pemasangan instrument Borehole Seismometer di beberapa titik untuk mereka aktifitas sesar ini. Pemasangan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

 

Menurut Direktur Utama PT Reasuransi Maipark Indonesia, Ahmad Fauzie Darwis, pemasangan instrument Borehole Seismometer bertujuan yang pertama adalah untuk memperoleh data primer digital yang telah dikompilasi dan diolah, sehingga menambah database kebencanaan MAIPARK. Kedua, untuk memperoleh dokumentasi kajian ilmiah sebagai sumber rujukan informasi dan pengetahuan MAIPARK untuk mensinergikan informasi riset tersebut kepada industri asuransi dalam bahasa yang lebih mudah dipahami. Yang ketiga untuk memperoleh pemahaman risiko gempabumi di DKI Jakarta yang lebih baik dan pengaruhnya terhadap kecukupan premi asuransi gempa. “Pemantauan gempa mikro yang menunjukkan suatu sesar itu aktif atau tidak sangat perlu dilakukan dengan tepat. Monitoring gempa mikro di DKI Jakarta dan sekitarnya dilakukan dengan memasang beberapa borehole seismometer di sekitar sesar yang diharapkan akan teridentifikasi,” papar Ahmad Fauzie Darwis.

 

Maipark punya kewajiban untuk memberikan informasi terkait keaktifan Sesar Baribis kepada khalayak termasuk ke kalangan industri, karenanya sesuai dengan visi misi MAIPARK “Center of Excellence and Competence”, melalui Group R & D membuka kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat memberikan nilai tambah terhadap MAIPARK dan terutama industri asuransi Indonesia melalui riset-riset kebencanaan, termasuk mengetahui keaktifan Sesar Baribis ini.

 

Artc-Borehole-Seismometer-3

Dok.Aswata: Sambutan Bapak Ahmad Fauzie – Direktur Utama Maipark dalam Peresmian Pemasangan Borehole Seismometer di Aswata Kantor Pusat, Jakarta

 

Oleh karenanya menurut Ahmad Fauzie Darwis, Maipark menggandeng LAPI ITB lembaga pendidikan tinggi yang memiliki kompetensi untuk mendapatkan kejelasan mengenai ancaman gempa di Jakarta, keberadaan sesar baribis dan keaktifan sumber gempa di bawah Jakarta. Pemantauan dapat dilakukan melalui pengamatan mikroseismik melalui pemasangan alat borehole seismometer. “Ini merupakan upaya mitigasi untuk meminimalkan dampak gempa, sehingga kita tetap aman dan nyaman meski berada di daerah rawan gempa apalagi gempa di Indonesia adalah keniscayaan karena terletak di antara kawasan cincin api. Apalagi hingga saat ini belum ada pengamatan terbaru di lapangan terhadap dugaan sumber gempa tersebut. Terutama mengenai ada atau tidak aktivitas seismik dari potensial area ini. “ jelas Ahmad Fauzie.

 

Ahmad Fauzie mengatakan dengan selesainya rangkaian pemasangan borehole seismometer ini maka secara resmi penggunaan atau pengoperasian bisa dilakukan sehingga mitigasi terhadap keaktifan sesar baribis juga bisa terdeteksi.


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018