ambil hati pelanggan

Mau tahu cara memperlakukan pelanggan layaknya keluarga? Setelah menggunakan produk atau jasa kamu, konsumen yang puas tentunya akan memberikan ulasan positif sekaligus merekomendasikannya kepada orang lain. Sementara itu, konsumen yang merasa tidak puas tentunya akan kecewa dan memberikan keluhan. Konsumen yang kecewa ini akan menjadi masalah serius jika tidak diatasi. Mereka cenderung tidak akan membeli lagi produk atau menggunakan jasa kamu, bahkan menjelekkan bisnis kamu ke orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani keluhan pelanggan atau konsumen.

Ketika seorang pelanggan melayangkan komplain atau keluhan, itu tandanya mereka peduli terhadap bisnis kamu. Terlepas dari bagaimana cara penyampaiannya, keluhan dari pelanggan sebetulnya dapat menjadi peluang bagi kamu untuk meningkatkan kualitas bisnis. Jadi, bagaimana cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menangani keluhan pelanggan dan mengambil hatinya kembali?

 

Terima Keluhan dengan Baik

Biarkan pelanggan tahu bahwa kamu memerhatikan apa yang mereka sampaikan. Akuilah jika kamu memang melakukan kesalahan. Jangan lupa untuk segera meminta maaf atas ketidaknyamanan yang telah disebabkan oleh kesalahan tersebut. Katakanlah pula bahwa kamu akan mengatasi kesalahan tersebut pada waktu yang ditentukan. Namun, jika ternyata keluhan yang disampaikan pelanggan bukan disebabkan oleh kesalahan kamu dan telah terjadi kesalahpahaman, katakan saja kepada pelanggan bahwa kamu paham bagaimana masalah tersebut bisa membuat mereka kecewa. kamu tidak setuju begitu saja terhadap apa yang dikatakan pelanggan, tetapi tetap bisa menghargai perasaan mereka.

 

Tunjukkan Empati dan Komunikasi yang Baik

Menunjukkan rasa empati kepada konsumen memberikan dua hal manfaat dalam menangani keluhan pelanggan. Pertama, sebagai stkamur tindakan kamu dalam membangun persepsi kepada diri kamu sendiri terhadap keluhan, Sehingga kamu akan memiliki rasa bagaimana jika kamu diposisi mereka. Kedua, sebagai persepsi diri kamu kepada konsumen.

 

Petakan Masalah Keluhan Pelanggan

Begitu mendengarkan keluhan yang disampaikan pelanggan, kamu pun bisa memahami dengan baik masalah apa yang sebetulnya dihadapi. Setelah itu, lakukan analisis secara cepat, apakah sebelumnya kamu juga pernah mendapat keluhan serupa? Jika iya, solusi apa yang dulu kamu tawarkan dan terapkan? Apakah solusi tersebut berhasil mengatasi keluhan pelanggan? Apabila berhasil, kamu bisa kembali menggunakan solusi tersebut untuk menangani keluhan yang kali ini disampaikan pelanggan. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk mencatat setiap komplain yang masuk dan cara-cara yang kamu lakukan untuk menanganinya. Jika ada satu komplain yang terus menerus disampaikan pelanggan, jadikan hal tersebut sebagai peringatan keras bahwa kamu harus mengambil tindakan serius.

 

Segera Tangani Komplain dengan Cepat

Setelah kamu paham inti keluhan yang dihadapi pelanggan dan meminta maaf karenanya, kini kamu bisa menawarkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jelaskan solusinya kepada pelanggan dan konfirmasikan apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka.

 

Berikan Solusi Terbaik

Menangani keluhan pelanggan belumlah selesai sampai kamu benar-benar menerapkan solusi yang telah kamu tawarkan. Penerapan solusi harus menjadi pengalaman yang efisien bagi pelanggan. Misalnya, pelanggan kamu menyampaikan keluhan karena server jaringan website kamu mendadak down. Pastikan pelanggan tahu bahwa kamu memahami betapa mendesaknya masalah tersebut dan kamu akan segera memperbaikinya dalam beberapa jam. Ingatlah bahwa jika sistem IT perusahaan down, bukan hanya pelanggan yang merasakan dampaknya, tetapi juga kamu. Produktivitas karyawan akan berkurang dan berpengaruh pada performa kinerja. Dalam hal ini, komplain dari pelanggan pun dapat berfungsi sebagai “alarm” bagi bisnis kamu.

 

Itulah 4 cara menangani keluhan dengan baik untuk mengambil hati pelanggan kembali. Dengan menerapkan cara tersebut, pelanggan akan merasa diperlukan seperti keluarga sendiri.

Untuk kamu para pemilik usaha, Aswata punya produk asuransi usaha untuk membantu kamu. Pelanggan kamu bahagia, kamu sebagai pemilik usaha pun ikut bahagia karena usaha kamu sudah diproteksi dengan Asuransi Usaha A+ dari Aswata untuk melindungi usaha kamu dari segala kemalangan dan merugikan secara finansial di kemudian hari. Kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Usaha A+ lho!

 

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

 

Kunjungi kantor cabang Aswata di kota kamu: https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

 

Informasi Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa


PT. Asuransi Wahana Tata

Kantor Pusat
Jl. H. R. Rasuna Said. C-4, Jakarta 12920
Tel. (021) 5203145, 5203146
Fax. (021) 5203149, 5205222-23
e-mail : aswata@aswata.co.id
website: http://www.aswata.co.id
Logo-Call-Center-4 2018
 

 

otoritas-jasa-keuangan-logo

logo mari 
logo-imac-2017

Logo-AA-Fitch-Ratings 2018